Selasa, 12 Juni 2012

UNIT III - Bab 2 - API Baru


UNIT III - Bab 2 - API Baru

Sebagaimana telah kita bahas sebelumnya kita akan membahas API baru dari MIDP 2.0 adalah bagian ini. Berikut ini adalah empat paket baru yang telah ditambahkan dalam MIDP 2.0:
Public Key Paket:
ü   javax.microedition.pki
Sound dan Media Nada Paket:
ü   javax.microedition.media
ü   javax.microedition.media.control
Permainan Paket:
ü   javax.microedition.lcdui.game
Sekarang kita akan membahas paket yang tercantum di atas secara rinci. Kita tidak akan membahas paket javax.microedition.lcdui.game sini sebagai paket game telah dibahas dalam bab berikutnya dengan sangat rinci.  
javax.microedition.pki  
Sertifikat ini diperlukan untuk mengotentikasi informasi untuk mengamankan koneksi. Antarmuka Sertifikat dalam paket javax.microedition.pki menyediakan untuk aplikasi informasi tentang asal dan jenis sertifikat. Para CertificateException kelas memberikan kita informasi tentang kegagalan yang terjadi dalam menguji atau menggunakan sertifikat. Spesifikasi MIDP 2.0 telah mewajibkan bagi produsen perangkat untuk mendukung sertifikat X.509 di sana implementasi paket javax.microedition.pki. Perangkat ini juga dapat mendukung jenis sertifikat tetapi ada mendukung adalah opsional. Ini juga telah dibuat wajib untuk perangkat untuk mendukung algoritma tanda tangan RSA dengan SHA-1 fungsi hash ketika mengimplementasikan paket javax.microedition.pki.
public interface Sertifikat
Apa itu?
Antarmuka Sertifikat umum bagi semua sertifikat. Antarmuka Sertifikat memiliki fitur seperti:
  • Emiten
  • Tanggal penggunaan valid
  • Nomor seri
  • Menulis nama algoritma
  • Subyek
  • Jenis
  • Versi
  • Nomor seri.
Interface ini menyediakan metode getter untuk fitur dibahas di atas.
o     Metode
·          publik java.lang.String getIssuer ()
Metode ini mengembalikan nama penerbit sertifikat ini. Nilai ini tidak boleh null untuk sertifikat yang sah.
·          masyarakat lama getNotAfter ()
Metode ini mengembalikan waktu (dalam milidetik) setelah Sertifikat ini tidak valid (yaitu tanggal kadaluwarsa). Nilai untuk Long.MAX_VALUE dikembalikan sertifikat tersebut tidak memiliki pembatasan berdasarkan waktu pada validitasnya. Nilai yang dikembalikan selalu positif.
·          masyarakat lama getNotBefore ()
Metode ini mengembalikan waktu (dalam milidetik) yang sebelum Sertifikat ini tidak sah. Para 0 nilai dikembalikan sertifikat tersebut tidak memiliki batasan waktu berbasis pada validitasnya. Nilai yang dikembalikan selalu positif.
·          publik java.lang.String getSerialNumbe r ()
Metode ini mengembalikan sebuah string yang berisi nomor seri dalam bentuk yang user friendly. Metode ini mengembalikan nilai null jika tidak ada nomor seri di sertifikat.
·          publik java.lang.String getSigAlgName ()
Metode getter mengembalikan nama dari algoritma yang digunakan untuk menandatangani sertifikat. Nilai ini menjadi sangat penting untuk membaca sertifikat tersebut tidak dapat null.
·          publik java.lang.String getSubject ()
Metode ini mendapatkan nama subjek Sertifikat ini. Nilai yang penting tidak dapat null.
·          publik java.lang.String getType ()
Metode ini mengembalikan jenis Sertifikat. Nilai yang penting tidak dapat null. Untuk sertifikat X.509 metode ini akan kembali 'X.509'
·          publik java.lang.String getVersion ()
Metode ini mengembalikan nomor versi dari Sertifikat. Nilai yang penting tidak dapat null. Untuk sertifikat X.509 metode ini akan kembali '2 '.
CertificateException kelas publik meluas java.io.IOException
Apa itu?
o     CertificateException ini dilemparkan ketika muncul masalah sementara Sertifikat sedang digunakan. Dalam hal banyak kesalahan ditemukan ketika memproses Sertifikat kesalahan yang paling signifikan harus dilaporkan dalam CertificateException tersebut.
o     Konstruktor
·          publik CertificateException (Sertifikat sertifikat, status byte)
·          publik CertificateException (String pesan, sertifikat Sertifikat, status byte)  
o     Bidang
·          public static byte BAD_EXTENSIONS akhir
Bidang ini menunjukkan bahwa sertifikat memiliki ekstensi penting yang tidak diakui.
            Nilai: 1
·          BROKEN_CHAIN ​​byte public static akhir
Bidang ini menunjukkan bahwa sertifikat dalam rantai tidak dikeluarkan oleh otoritas berikutnya dalam rantai Nilai:. 11.
·          CERTIFICATE_CHAIN_TOO_LONG byte public static akhir
Bidang ini menunjukkan bahwa rantai sertifikat server melebihi panjang yang diperbolehkan oleh kebijakan suatu emiten.
Nilai: 2.
·          byte akhir public static kadaluarsa
             Bidang ini menunjukkan bahwa sertifikat telah kedaluwarsa.
Nilai: 3.
·          INAPPROPRIATE_KEY_USAGE byte public static akhir
Bidang ini menunjukkan bahwa kunci sertifikat publik telah digunakan dengan cara yang dianggap tidak pantas oleh penerbit.
             Nilai: 10.
·          MISSING_SIGNATURE byte public static akhir
Bidang ini menunjukkan bahwa kunci sertifikat publik telah digunakan dengan cara yang dianggap tidak pantas oleh penerbit.                         
               Nilai: 10.
·          NOT_YET_VALID byte public static akhir
             Bidang ini menunjukkan bahwa sertifikat tidak valid.
Nilai: 6.
·          byte akhir public static ROOT_CA_EXPIRED
             Bidang ini menunjukkan bahwa kunci publik CA akar telah kedaluwarsa.
Nilai: 12.
·          SITENAME_MISMATCH byte public static akhir
             Bidang ini menunjukkan bahwa sertifikat tidak berisi nama situs yang benar.
Nilai: 7.
·          UNAUTHORIZED_INTERMEDIATE_CA byte public static akhir
Bidang ini menunjukkan bahwa sertifikat menengah dalam rantai tidak memiliki wewenang untuk menjadi CA menengah.
Nilai: 4.
·          UNRECOGNIZED_ISSUER byte public static akhir
             Bidang ini menunjukkan bahwa sertifikat dikeluarkan oleh entitas yang tidak diakui.
Nilai: 8.
·          UNSUPPORTED_PUBLIC_KEY_TYPE byte public static akhir
Bidang ini menunjukkan bahwa jenis kunci publik dalam sertifikat tidak didukung oleh perangkat.
Nilai: 13.
·          UNSUPPORTED_SIGALG byte public static akhir
              Bidang ini menunjukkan bahwa sertifikat ditandatangani menggunakan algoritma yang tidak didukung.
Nilai: 9.
·          byte akhir public static VERIFICATION_FAILED
             Bidang ini menunjukkan bahwa sertifikat gagal verifikasi.
Nilai: 14.
o     Metode
·          Sertifikat publik getCertificate ()
             Metode ini mengembalikan Sertifikat adalah penyebab kegagalan.
·          byte publik getReason ()
Metode ini mengembalikan kode alasan atas kegagalan ini. Kode alasan telah dibahas secara rinci di atas.
javax.microedition.media
Salah satu masalah kunci dengan MIDP 1.0 adalah bahwa hal yang kurang dalam mendukung dibangun API multimedia. Untuk mengatasi masalah ini MIDP 2.0 telah ditetapkan untuk API Media. Tapi Sun juga memperkenalkan Mobile Media API (JSR 135). Untuk memecahkan masalah interoperabilitas MIDP 2.0 Media API secara langsung kompatibel dengan Mobile Media API (JSR-135) spesifikasi. Kompatibilitas MIDP 2.0 API dengan API Mobile Media adalah langkah ke arah yang benar dan membuatnya lebih mudah untuk para pengembang untuk meningkatkan ada aplikasi dan menggunakan Mobile Media API di perangkat yang mendukungnya.
MIDP 2.0 Media API memberikan kita baik set alat untuk menggunakan multimedia dalam aplikasi kita. API ini memberikan kita player dan fungsi kontrol untuk digunakan dalam kode kita. Meskipun jumlah kontrol yang tersedia bagi kita sangat sedikit bila dibandingkan dengan API Mobile Media tapi setidaknya itu sudah cukup untuk permainan dasar.
Umum Jenis Konten
1.      Gelombang audio file:    audio / x-wav
2.      AU file audio:       audio / dasar
3.      Audio MP3 file:     audio / mpeg
4.      MIDI file:               audio / midi
5.      Nada urutan:    audio / x-nada-seq
public interface Kontrol
Apa itu?
o     Sebuah objek yang mengimplementasikan objek Kontrol digunakan untuk mengontrol beberapa jenis fungsi pemrosesan media. Hal yang biasa bagi satu objek untuk melaksanakan beberapa kontrol. Contoh dari jenis Control adalah VolumeControl yang digunakan untuk mengontrol volume pemain.
Controllable public interface
Apa itu?
o     Antarmuka Controllable memberikan kita alat untuk memperoleh Kontrol dari sebuah benda seperti sebuah Player. Antarmuka Controllable menyediakan metode untuk mendapatkan semua Kontrol didukung dalam suatu objek atau untuk mendapatkan Kontrol tertentu berdasarkan nama kelasnya.
o     Metode
  • Kontrol publik getControl (String controlType)
Metode ini mengembalikan sebuah objek yang mengimplementasikan kontrol atau nilai null.
  • Kontrol publik [] getControls ()
Metode ini mengembalikan kepada kita koleksi benda-benda Kontrol.
public class Manajer akhir
Apa itu?
  • Kelas Manajer memberikan kita kemudahan untuk memperoleh sumber daya sistem tergantung seperti pemain untuk pemrosesan multimedia.

o     Bidang
  • TONE_DEVICE_LOCATOR public String statis akhir
Bidang ini mengacu pada pelacak untuk membuat player untuk memutar nada rangkaian nada.
o     Metode
  • publik createPlayer javax.microedition.media.Player statis (java.io.InputStream aliran, tipe String)
Metode ini mengembalikan pemain baru dari inputstream tertentu.
  • public static javax.microedition.media.Player createPlayer (String locator)
throws IOException, MediaException
Metode ini mengembalikan pemain baru dari string locator tertentu media.
  • String public static [] getSupportedContentTypes (String protocol)
Metode ini mengembalikan daftar jenis konten yang didukung untuk protokol tertentu.
  • public static String [] getSupportedProtocols (String content_type)
Metode ini mengembalikan daftar protokol didukung untuk jenis konten tertentu.
  • publik playTone static void (catatan int, int durasi, volume int)
melempar MediaException
Metode ini memutar ulang nada yang ditentukan oleh catatan dan durasinya. Catatan berkisar dari 0 sampai 127 inklusif.
masyarakat kelas MediaException
Apa itu?
  • Kelas ini menunjukkan kondisi kesalahan tak terduga dalam sebuah metode.
o     Konstruktor
  • publik MediaException ()
  • publicMediaException (alasan String)

Pemain antarmuka publik meluas Controllable
Apa itu?
  • Antarmuka Pemain membantu kita mengontrol rendering dari data waktu media berbasis. Ini menyediakan fungsi sebagai berikut:
    • Manajemen siklus hidup Player
    • Mengontrol kemajuan pemutaran
    • Mendapatkan komponen untuk presentasi

Berikut ini adalah negara di mana pemain bisa menjadi:
  • BELUM DIREALISASI
  • REALISASI
  • PREFETCHED
  • MEMULAI
  • TERTUTUP
o     Bidang
  • int akhir public static TERTUTUP
Bidang ini menunjukkan bahwa Player ditutup.
Nilai: 0
  • int akhir public static PREFETCHED
Bidang ini menunjukkan bahwa Player telah memperoleh semua sumber daya untuk mulai bermain.
Nilai: 300
  • int akhir public static REALISASI
Bidang ini menunjukkan bahwa mereka telah mengakuisisi informasi yang diperlukan tetapi tidak sumber daya untuk berfungsi.
Nilai: 200
  • int akhir public static MEMULAI
Bidang ini menunjukkan bahwa Player sudah dimulai.
Nilai: 400
  • publik TIME_UNKNOWN lama static final
Bidang ini menunjukkan bahwa waktu yang diminta tidak diketahui.
Nilai: -1
  • public int akhir statis BELUM DIREALISASI
Bidang ini menunjukkan bahwa Player belum diperoleh informasi yang diperlukan dan sumber daya untuk berfungsi dengan baik.
Nilai: 100
o     Metode
  • public void addPlayerListener (playerListener PlayerListener)
Metode ini menambahkan pendengar pemain untuk pemain ini.
  • public void close ()
Metode ini menutup Player dan melepaskan sumber dayanya.
  • public void deallocate ()
Metode ini melepaskan sumber daya yang langka / eksklusif seperti perangkat audio diakuisisi oleh Player.
  • public String getContentType ()
Metode ini mengembalikan jenis konten yang dimainkan kembali oleh pemain ini.
  • masyarakat lama getDuration ()
Metode ini mengembalikan durasi dalam mikrodetik atau TIME_UNKNOWN.
  • masyarakat lama getMediaTime ()
Metode ini mengembalikan waktu media saat ini dalam mikrodetik atau TIME_UNKNOWN.
  • public int getState ()
Metode ini mengembalikan keadaan saat Player.
  • public void prefetch ()
Metode ini membuat pemain memperoleh sumber daya yang langka dan eksklusif dan proses data sebanyak yang diperlukan untuk mengurangi latency start.
  • public void menyadari ()
Metode ini membangun bagian-bagian dari pemain tanpa memperoleh sumber daya yang langka dan eksklusif.
  • public void removePlayerListener (playerListener PlayerListener)
Metode ini akan menghapus pendengar pemain untuk pemain ini.
  • public void setLoopCount (int count)
Metode ini menentukan berapa kali Player harus loop dan memainkan konten.
  • publik setMediaTime lama (lama sekarang)
Metode ini mengembalikan set Media waktu aktual dalam mikrodetik
  • public void start ()
Metode ini dimulai Player sesegera mungkin untuk itu untuk memulai. Jika Player sebelumnya berhenti dengan memanggil stop, metode ini akan melanjutkan pemutaran dari tempat itu sebelumnya dihentikan.
  • public void stop ()
Metode ini berhenti Player. Metode ini akan berhenti pemutaran pada saat media saat ini.
public interface PlayerListener
Apa itu?
  • PlayerListener adalah antarmuka yang menerima kejadian yang asinkronus yang dihasilkan oleh pemain. Aplikasi J2ME dapat mengimplementasikan interface ini dan mendaftar implementasinya antarmuka dengan addPlayerListener () metode di Player.
o     Bidang
  • String public static TERTUTUP
Bidang ini diposting ketika pemain ditutup.
  • public String DEVICE_AVAILABLE statis
Bidang ini diposting ketika sistem atau aplikasi prioritas lebih tinggi telah merilis perangkat eksklusif yang sekarang tersedia ke Player.
  • public String DEVICE_UNAVAILABLE statis
Bidang ini diposting ketika sistem atau aplikasi prioritas yang lebih tinggi untuk sementara menguasai perangkat eksklusif yang sebelumnya tersedia ke Player.
  • public static String DURATION_UPDATED
Bidang ini diposting ketika durasi sebuah Player diperbarui. Hal ini terjadi untuk jenis-jenis media di mana durasi tidak dapat diturunkan sebelumnya.
  • public String END_OF_MEDIA statis
Bidang ini diposting ketika pemain telah mencapai akhir dari media.
  • public String ERROR statis
Bidang ini diposting ketika kesalahan telah terjadi.
  • String public static MEMULAI
Bidang ini diposting ketika sebuah Player dimulai.
  • String public static DIHENTIKAN
Bidang ini diposting ketika pemain berhenti dalam menanggapi pemanggilan metode stop.
  • public static String VOLUME_CHANGED
Bidang ini diposting ketika volume perangkat audio berubah.
o     Metode
  • public void playerUpdate (Player player, acara String, Object eventData)
Metode playerUpdate (Player player, acara String, Object eventData) disebut untuk memberikan sebuah acara untuk pendengar yang terdaftar ketika sebuah event untuk pemain tertentu diamati.
javax.microedition.media.control

Paket javax.microedition.media.control mendefinisikan tipe tertentu dari kontrol yang dapat digunakan dengan sebuah Player.
ToneControl antarmuka publik meluas javax.microedition.media.Control
o     Programmer ditentukan rangkaian nada monoton dapat dihasilkan dengan bantuan interface ini  
o     Bidang
·          BLOCK_END byte public static akhir
Field ini mendefinisikan titik akhir untuk satu blok.
Nilai: -6
·          BLOCK_START byte public static akhir
Field ini mendefinisikan titik awal untuk satu blok.
Nilai: -5
·          C4 byte public static akhir
Bidang ini singkatan dari C. Tengah
Nilai: 60
·          PLAY_BLOCK byte public static akhir
Bidang ini memainkan blok yang ditetapkan.
Nilai: -7
·          REPEAT byte public static akhir
Bidang ini berdiri untuk tag acara REPEAT.
Nilai: -9
·          RESOLUSI byte public static akhir
Bidang ini berdiri untuk tag acara RESOLUSI.
Nilai: -4
·          byte public static SET_VOLUME akhir
Bidang ini berdiri untuk tag acara SET_VOLUME.
Nilai: -8
·          DIAM byte public static akhir
Bidang ini singkatan Silence.
Nilai: -1
·          TEMPO byte public static akhir
Bidang ini berdiri untuk tag acara TEMPO.
Nilai: -3
·          VERSION byte public static akhir
Bidang ini berdiri untuk tag atribut VERSION.
Nilai: -2
o     Metode
·          public void setSequence (byte [] urutan)
Metode ini menetapkan rangkaian nada yang harus dimainkan.
public interface VolumeControl
Apa itu?
o     Para VolumeControl antarmuka memberikan kita metode untuk memanipulasi volume audio dari sebuah Player.
o     Metode
·          public int getLevel ()
Metode ini mengembalikan tingkat volume saat ini atau -1.
·          public boolean isMuted ()
Metode ini mengembalikan keadaan bisu.
·          public int setLevel (int level)
Metode ini mengembalikan tingkat yang benar-benar ditetapkan oleh metode ini.
·          public void mengatur Mute (boolean bisu)
Metode ini menetapkan status bisu dari Pemain terkait dengan VolumeControl ini.
javax.microedition.io

Paket javax.microedition.io memberikan kita alat untuk menggunakan jenis berikut koneksi:
·                      HTTP Jaringan
javax.microedition.io.HttpConnection digunakan untuk bekerja dengan koneksi HTTP. MIDP 2.0 perangkat diaktifkan harus mendukung 1,1 server HTTP dan jasa.

·                      Koneksi aman
javax.microedition.io.HttpsConnection digunakan untuk bekerja dengan koneksi yang aman.

·                      Low Level Jaringan Dukungan
MIDP 2.0 spesifikasi juga mendukung socket TCP / IP dan UDP / IP datagram.

·                      Dorong Dukungan Aplikasi
MIDP 2.0 meliputi dukungan untuk PushRegistry. PushRegistry akan menyimpan daftar dari koneksi inbound. Setiap kali perangkat lunak aplikasi manajemen menerima pemberitahuan untuk sebuah MIDlet yang telah mendaftarkan diri untuk pemberitahuan masuk MIDlet yang tertentu yang dimulai oleh perangkat lunak manajemen aplikasi. Fitur ini dapat digunakan untuk aplikasi chat, berita dan ERP.

·                      Serial Port Connections
Kita bisa mengakses port serial lokal dalam bentuk koneksi stream dengan bantuan dari javax.microedition.io.CommConnection antarmuka.

Dukungan jaringan dalam paket ini didasarkan pada Kerangka Connection Generik diberikan kepada kami dalam Konfigurasi, Connected Device Terbatas.
public interface CommConnection
Apa itu?
o     Sebuah koneksi port logis seri didefinisikan oleh javax.microedition.io.CommConnection antarmuka. Sebuah port serial logis mungkin RS - 232 port atau pelabuhan IrDA IRCOMM. Satu port serial dapat digunakan oleh satu aplikasi pada waktu tertentu.
Apa yang dimaksud dengan port serial logis?
Koneksi logika di mana byte mentransfer serial dapat disebut sebagai port serial logis.
o     Metode
·          public int getBaudRate ()
Metode ini mengembalikan baud rate dari koneksi.
·          public int setBaudRate (int baudrate)
Metode ini digunakan untuk pengaturan baud rate untuk koneksi port serial. Metode ini mengembalikan baud rate sebelumnya dari koneksi.
public class Connector
Apa itu?
Konektor adalah kelas pabrik untuk membuat objek Connection baru. Kelas ini dinamis mengembalikan tipe yang sesuai pada Connection berdasarkan nilai argumen dalam metode terbuka.
o     Bidang
·          int akhir public static BACA
Bidang untuk mode akses READ.
Nilai: 1
·          READ_WRITE public int static final
READ_WRITE adalah lapangan untuk READ_WRITE mode akses.
Nilai: 3
·          int akhir public static MENULIS
MENULIS adalah lapangan untuk MENULIS mode akses.
Nilai: 2
o     Metode
·          public static javax.microedition.io.Connection terbuka (String nama)
Metode ini mengembalikan sebuah object Connection baru.
·          javax.microedition.io.Connection terbuka publik statis (String nama mode, int)
Metode ini mengembalikan sebuah object Connection baru.
·          public static javax.microedition.io.Connection terbuka (String nama, modus int, boolean timeouts)
Metode ini mengembalikan sebuah object Connection baru
·          publik openDataInputStream java.io.DataInputStream statis (String nama)
Metode ini mengembalikan sebuah DataInputStream.
·          publik openDataOutputStream java.io.DataOutputStream statis (String nama)
Metode ini mengembalikan sebuah DataOutputStream.
·          publik openInputStream java.io.InputStream statis (String nama)
Metode ini mengembalikan InputStream.
·          publik openOutputStream java.io.OutputStream statis (String nama)
Metode ini mengembalikan sebuah OutputStream.
public interface HttpsConnection
Apa itu?
HttpsConnection mendefinisikan metode yang diperlukan dan konstanta untuk membuat sambungan jaringan aman.
Apakah HTTPS?
HTTPS protokol adalah versi aman dari HTTP protokol. Ini adalah protokol request-response di mana parameter permintaan harus ditetapkan sebelum permintaan dikirim.
o     Metode
·          public int getPort ()
Metode ini mengembalikan jumlah port jaringan dari URL untuk HttpsConnection ini. Jika tidak ada nomor port dilewatkan dalam string dilewatkan ke Connector.open maka default nomor port HTTPS (443) dikembalikan.
·          publik SecurityInfo getSecurityInfo ()
Metode ini mengembalikan informasi keamanan yang terkait dengan hubungan ini terbuka.
public interface SecureConnection
Apa itu?
o     Antarmuka SecureConnection mendefinisikan koneksi soket aliran aman. CertificateException Sebuah dilemparkan jika koneksi aman tidak dapat dibangun karena kesalahan yang terkait dengan sertifikat.
o     Metode
·          publik SecurityInfo getSecurityInfo ()
Metode ini mengembalikan informasi keamanan yang terkait dengan hubungan ini terbuka.
public interface SecurityInfo
Apa itu?
o     Antarmuka SecurityInfo memberikan kita metode untuk mengakses informasi tentang koneksi jaringan aman. Interface ini menyediakan sebagai berikut:
·    Protokol
·    Versi
·    Sertifikat
·    Cipher suite yang
o     Metode
·          publik java.lang.String getCipherSuite ()
Metode ini mengembalikan sebuah String yang berisi nama dari cipher suite yang digunakan.
·          publik java.lang.String getProtocolName ()
Metode ini mengembalikan nama protokol aman.
Berikut ini adalah nilai-nilai kembali untuk koneksi masing-masing:
·    TLS (RFC 2246) / WAP TLS Profile dan Tunneling (WAP-219-TLS)
Mengembalikan nilai: "TLS"
·    SSL V3 (Versi Protokol SSL 3.0)
Mengembalikan nilai: "SSL"
·    WTLS (WAP 199)
Mengembalikan nilai: "WTLS".
·          publik java.lang.String getProtocolVersion ()
Metode ini mengembalikan sebuah String yang berisi versi dari protokol.
·          publik javax.microedition.pki.Certificate getServerCertificate ()
Metode ini mengembalikan Sertifikat digunakan untuk membuat sambungan aman dengan server.
public interface ServerSocketConnection
Apa itu?
o     Antarmuka ServerSocketConnection mendefinisikan koneksi server soket sungai.
o     Metode
·          publik java.lang.String getLocalAddress ()
Metode ini mengembalikan alamat lokal yang socket ini terikat.
·          public int getLocalPort ()
Metode ini mengembalikan nomor port lokal yang soket terhubung.
public interface SocketConnection
Apa itu?
o     SocketConnection mendefinisikan koneksi stream socket.
o     Bidang
  • KETERLAMBATAN byte public static akhir
·          keepalive byte public static akhir
·          byte akhir publik statis tertinggal
·          RCVBUF byte public static akhir
·          SNDBUF byte public static akhir
o     Metode
  • publik java.lang.String getAddress ()
Metode ini mengembalikan alamat remote untuk soket yang terikat.
·          publik java.lang.String getLocalAddress ()
Metode ini mengembalikan alamat lokal yang soket terikat.
·          public int getLocalPort ()
Metode ini mengembalikan nomor port lokal yang socket ini tersambung.
·          public int getPort ()
Metode ini mengembalikan nomor port remote untuk yang terhubung socket ini.
·          public int getSocketOption (pilihan byte)
Metode ini mengembalikan numerik nilai untuk opsi ditentukan atau -1 jika nilai tidak tersedia.
·          public void setSocketOption (byte pilihan, nilai int)
Metode ini digunakan untuk menetapkan pilihan socket untuk sambungan.
public interface UDPDatagramConnection
Apa itu?
o     Antarmuka UDPDatagramConnection mendefinisikan koneksi datagram. Protokol ini adalah transaksi yang berorientasi dan pengiriman tidak dapat dijamin.
o     Metode
  • public String getLocalAddress () throws Exception
Metode ini mengembalikan alamat lokal yang koneksi datagram terikat.
·          public int getLocalPort () throws Exception
Metode ini mengembalikan nomor port lokal yang ini koneksi datagram tersambung.
masyarakat kelas PushRegistry
Apa itu?
Kelas ini menyimpan daftar koneksi inbound. Aplikasi dapat mendaftar untuk koneksi inbound dengan cara berikut:
·    Masukan dalam file descriptor aplikasi
·    Dengan memanggil metode registerConnection
Bila aplikasi yang tidak berjalan, aplikasi manajemen perangkat lunak (AMS) melacak untuk permintaan pemberitahuan inbound. Bila pemberitahuan tiba untuk MIDlet yang telah terdaftar itu sendiri, AMS akan mulai MIDlet yang biasanya melalui metode startApp. Saat aplikasi berjalan, aplikasi bertanggung jawab untuk semua input dan output operasi yang berhubungan dengan koneksi inbound.
o     Metode
    • public static java.lang.String   getFilter (koneksi String)
Metode ini mengembalikan string penyaring yang menunjukkan pengirim yang diizinkan untuk menyebabkan MIDlet akan diluncurkan. Jika sambungan tidak terdaftar oleh MIDlet suite saat ini atau jika argumen koneksi ini berisi nol metode ini akan mengembalikan null.
  • publik getMIDlet java.lang.String statis (koneksi String)
Metode ini mengembalikan nama kelas MIDlet akan diluncurkan ketika data eksternal baru tersedia. Jika sambungan tidak terdaftar oleh MIDlet suite saat ini atau jika argumen koneksi ini berisi nol metode ini akan mengembalikan null.
  • public static java.lang.String [] listConnections (boolean tersedia)
Metode ini mengembalikan array dari string koneksi terdaftar.
  • public static panjang registerAlarm (String MIDlet, waktu yang lama)
Metode ini mengembalikan waktu di mana eksekusi terbaru dari MIDlet ini dijadwalkan untuk terjadi. Formatnya adalah sama dengan yang dikembalikan oleh Date.getTime ()
  • publik registerConnection static void (koneksi String, String MIDlet, Stringfilter)
Ini adalah daftar metode koneksi dinamis dengan perangkat lunak manajemen aplikasi (AMS). Setelah sambungan terdaftar, koneksi dinamis bertindak seperti sambungan pra-dialokasikan dari file descriptor.
  • publik unregisterConnection static boolean (koneksi String)
Metode ini mengembalikan benar jika proses un-registrasi berhasil atau ia mengembalikan false jika koneksi tidak terdaftar atau jika argumen koneksi adalah null.
javax.microedition.lcdui
Dalam MIDP 2.0 banyak perubahan baru telah diperkenalkan dalam paket javax.microedition.lcdui. Beberapa kelas telah diperkenalkan untuk pertama kalinya. Semua metode dan bidang telah diberikan untuk kelas tersebut. Beberapa kelas yang ada dan interface juga telah berubah. Untuk kelas-kelas dan interface, saya memiliki beberapa tempat hanya diberikan penambahan yang dibuat oleh MIDP 2.0 dan di beberapa tempat lain yang diberikan semua metode atau bidang sesuai dengan kebutuhan yang muncul. Misalnya dalam kasus Pemberitahuan hanya tambahan baru diberikan sedangkan dalam kasus kanvas semua metode diberikan untuk pemahaman yang lebih baik. Saya juga akan merekomendasikan Anda untuk membaca D lampiran buku ini yang berisi deskripsi singkat dan daftar semua bidang dan metode antarmuka dan setiap kelas dalam MIDP 1.0.
masyarakat kelas Pemberitahuan
Apa itu
Kelas waspada adalah jenis layar yang menunjukkan beberapa data kepada pengguna. Ini menunggu untuk jangka waktu tertentu sebelum melanjutkan ke berikutnya dapat ditampilkan. Hal ini pada dasarnya semacam kotak dialog sederhana yang hanya memberikan beberapa informasi.  
      
o     Bidang
  • Komando public static DISMISS_COMMAND akhir
DISMISS_COMMAND adalah Komando yang dikirimkan ke pendengar perintah untuk menunjukkan bahwa Pemberitahuan telah diberhentikan.  
o     Metode
·          javax.microedition.lcdui.Gauge publik getIndicator ()
Metode ini mengembalikan referensi untuk indikator kegiatan ini Alert. Ia mengembalikan null jika tidak ada indikator di waspada.
·          public void removeCommand (javax.microedition.lcdui.Command cmd)
Hal penting untuk diingat saat menggunakan metode ini adalah bahwa menelepon metode ini dengan DISMISS_COMMAND sebagai parameter tidak berpengaruh.
·          public void setIndicator (javax.microedition.lcdui.Gauge indikator)
Metode ini menetapkan indikator aktivitas pada Pemberitahuan ini.
public class Canvas abstrak
Apa itu?
Kelas ini adalah kelas dasar untuk aplikasi yang perlu untuk menangani tingkat rendah acara, untuk mengeluarkan panggilan grafis untuk menggambar ke layar. Kelas ini sangat berguna untuk pemrograman grafis.
o     Metode
·          public int getGameAction (int keyCode)
Metode ini mengembalikan aksi permainan untuk kunci ini. Ini akan mengembalikan 0 jika tidak ada tindakan permainan yang ada untuk kunci tersebut.
  • public int getHeight ()
Metode ini mengembalikan ketinggian daerah dapat ditampilkan. Nilai yang dikembalikan oleh metode ini dapat berubah selama pelaksanaan berbagai aplikasi karena faktor. Metode sizeChanged telah ditambahkan di MIDP 2.0 untuk memberitahu kami ketika ukuran area dapat ditampilkan berubah.
  • public int getKeyCode (int gameAction)
Metode ini mengembalikan kode tombol yang sesuai untuk aksi permainan diberikan dalam argumen.
  • publik java.lang.String getKeyName (int keyCode)
Metode ini mengembalikan nama string untuk kunci ditentukan pada argumen keyCode.
  • public int getWidth ()
Metode ini mengembalikan lebar daerah dapat ditampilkan. Nilai yang dikembalikan oleh metode ini dapat berubah selama pelaksanaan berbagai aplikasi karena faktor. Metode sizeChanged telah ditambahkan di MIDP 2.0 untuk memberitahu kami ketika ukuran area dapat ditampilkan berubah.
  • public boolean hasPointerEvents ()
Metode ini mengembalikan benar jika perangkat mendukung event pointer.
  • public boolean hasPointerMotionEvents ()
Metode ini mengembalikan benar jika perangkat mendukung acara pointer gerak.
  • public boolean hasRepeatEvents ()
Metode ini mengembalikan benar jika perangkat mendukung acara ulang
  • publik void dilindungi hideNotify ()
Metode ini disebut segera setelah kanvas telah dihapus dari layar.
  • public boolean isDoubleBuffered ()
Metode ini mengembalikan benar jika double buffering apakah ada lain metode ini akan kembali palsu.
  • void dilindungi keyPressed (int keyCode)
Metode ini dipanggil saat tombol ditekan.
  • void dilindungi keyReleased (int keyCode)
Metode ini disebut ketika tombol dilepaskan.
  • void dilindungi keyRepeated (int keyCode)
Metode ini disebut ketika tombol diulang (ditekan).
  • dilindungi void paint abstrak (Graphics g)
Metode ini disebut untuk rendering kanvas.
  • protected void pointerDragged (int x, int y)
Metode ini disebut ketika pointer diseret.
  • protected void pointerPressed (int x, int y)
Metode ini disebut ketika pointer ditekan.
  • void dilindungi pointerReleased (int x, int y)
Metode ini disebut ketika pointer dilepaskan.
  • public void repaint ()
Metode ini meminta sebuah repaint untuk seluruh kanvas.
  • public void repaint (int x, int y, int width, int tinggi)
Metode ini permintaan repaint untuk wilayah tertentu dari kanvas.
  • public void serviceRepaints ()
Metode ini memaksa setiap repaint tertunda permintaan untuk dilayani segera.

·          public void setFullScreenMode (mode boolean)
Metode ini memberikan kita dengan banyak kontrol yang diinginkan selama modus layar penuh dari kanvas. Untuk pengaturan modus layar penuh argumen harus benar jika tidak maka harus palsu.
  • void dilindungi showNotify ()
Metode showNotify () dipanggil segera sebelum ini kanvas yang dibuat terlihat pada layar.
  • protected void sizeChanged (int w, int h)
Metode ini disebut ketika area kanvas yang dapat digunakan untuk menggambar atas telah berubah. Metode ini bisa disebut karena berbagai faktor.
public interface Pilihan
Apa itu?

Interface ini mendefinisikan karakteristik pilihan antarmuka pengguna komponen pelaksanaan dari nomor yang telah ditetapkan pilihan.
o     Bidang
  • public int akhir statis EKSKLUSIF
Bidang ini singkatan pilihan EKSKLUSIF. Jenis elemen antarmuka pengguna memiliki tepat satu elemen yang dipilih pada satu waktu.
  • public int akhir statis IMPLISIT
Bidang ini singkatan pilihan IMPLISIT. Dalam jenis elemen antarmuka pengguna elemen saat ini difokuskan terpilih saat Command dimulai.
  • GANDA public int static final
Bidang ini singkatan pilihan GANDA. Jenis elemen antarmuka pengguna dapat memiliki jumlah sewenang-wenang dari elemen yang dipilih pada waktu tertentu.
  • public int akhir statis POPUP
Ini adalah bidang baru yang telah ditambahkan dalam MIDP 2.0. Ini adalah jenis pilihan memiliki tepat satu elemen yang dipilih pada satu waktu dan hanya itu pilihan yang dipilih ditampilkan sampai pengguna melakukan tindakan tertentu yang akan membuat semua elemen terlihat. Jenis pilihan bukan tipe berlaku untuk kelas Daftar.
  • TEXT_WRAP_DEFAULT public int static final
Ini adalah bidang baru yang telah ditambahkan dalam MIDP 2.0. Bidang ini menunjukkan bahwa aplikasi memiliki preferensi untuk pembungkus atau pemotongan isi elemen teks dan bahwa pelaksanaannya harus menggunakan perilaku default.
  • TEXT_WRAP_OFF ​​public int static final
Ini adalah bidang baru yang telah ditambahkan dalam MIDP 2.0. Bidang ini menunjukkan bahwa teks isi elemen harus dibatasi pada satu baris.
  • TEXT_WRAP_ON public int static final
Ini adalah bidang baru yang telah ditambahkan dalam MIDP 2.0. Bidang ini menunjukkan bahwa teks isi elemen harus dibungkus untuk beberapa baris jika diperlukan agar sesuai ruang konten yang tersedia.
o     Metode
  • public void deleteAll ()
Metode ini akan menghapus semua elemen dari Choice ini.
  • public int getFitPolicy ()
Metode ini mendapat kebijakan pilihan aplikasi untuk isi elemen Pilihan yang cocok untuk ruang layar yang tersedia. Metode ini akan mengembalikan salah satu dari 3 opsi yang diberikan di bawah ini:
·    TEXT_WRAP_DEFAULT public int static final
·    TEXT_WRAP_OFF ​​public int static final
·    TEXT_WRAP_ON public int static final
  • publik Font getFont (int elementNum)
Metode ini mengembalikan font yang lebih disukai untuk digunakan untuk membuat elemen tertentu.
  • public void setFitPolicy (fitPolicy int)
Metode ini menetapkan kebijakan pilihan aplikasi untuk isi elemen Pilihan yang cocok untuk ruang layar yang tersedia. Metode ini dapat berisi salah satu dari 3 opsi yang diberikan di bawah ini dalam argumen:
·    TEXT_WRAP_DEFAULT public int static final
·    TEXT_WRAP_OFF ​​public int static final
·    TEXT_WRAP_ON public int static final
Mencatat
Metode ini hanya dapat memberikan rekomendasi kepada perangkat. Kebijakan yang sebenarnya akan tergantung pada perangkat tertentu.
  • public void setfont (int elementNum, font Font)
Metode ini menyetel font yang lebih disukai untuk render elemen tertentu dari Pilihan ini.
public class ChoiceGroup
Apa itu?
Perubahan ChoiceGroup terutama karena perubahan Pilihan Antarmuka yang diimplementasikan dalam ChoiceGroup dan Item kelas, yang merupakan kelas super ChoiceGroup. Perubahan Pilihan dan Item diberikan secara rinci di sana teks masing-masing.
public class Command
Apa itu?
Kelas ini merangkum informasi semantik dari suatu tindakan. Pelaksanaan Perintah adalah perangkat tergantung. Pada beberapa perangkat perintah yang ditampilkan pada tombol lembut sementara pada orang lain akan ditampilkan dalam bentuk menu dan daftar. Jadi perawatan harus dilakukan pengujian reaksi perangkat tentang cara menambahkan perintah. Umumnya perangkat tambahkan 2 perintah pertama di atas tombol lembut.
o     Konstruktor
  • publik Command (String shortLabel, String longLabel, int CommandType, int prioritas)
Konstruktor ini membangun sebuah objek perintah baru dengan jenis panjang dan pendek yang diberikan, label dan prioritas.
o     Metode
  • publik java.lang.String getLongLabel ()
Metode ini mengembalikan label lama Komando. Jika perintah tidak memiliki label lama null dikembalikan.
public abstract class CustomItem
Apa itu?
Salah satu masalah dalam MIDP 1.0 adalah bahwa kami tidak bisa membuat item disesuaikan. Untuk menghilangkan masalah ini CustomItem telah diperkenalkan. Kelas ini dapat disesuaikan dengan pengelompokan sub untuk memperkenalkan jenis baru dari unsur visual dan interaktif ke dalam Formulir. Kelas ini sangat mirip dengan kelas Canvas tetapi telah ditulis dengan mengingat bahwa kelas sub kelas ini akan ditambahkan ke bentuk.
o     Konstruktor
·          publik dilindungi CustomItem (label String)
Konstruktor ini telah disediakan sehingga subclass CustomItem dapat menentukan label.
o     Bidang
  • dilindungi akhir public static   int KEY_PRESS
Nilai: 4.
  • dilindungi akhir public static   int KEY_RELEASE
Nilai: 8.
  • dilindungi akhir public static   int KEY_REPEAT
Nilai: 0x10.
  • dilindungi akhir public static   int NONE
Nilai: 0.
  • dilindungi akhir public static   int POINTER_DRAG
Nilai: 0x80.
  • dilindungi akhir public static   int POINTER_PRESS
Nilai: 0x20.
  • dilindungi akhir public static   int POINTER_RELEASE
Nilai: 0x40.
  • dilindungi akhir public static   int TRAVERSE_HORIZONTAL
Nilai: 1.
  • dilindungi akhir public static   int TRAVERSE_VERTICAL
Nilai: 2.
o     Metode
·          public int getGameAction (int keyCode)
Metode ini mengembalikan tindakan yang sesuai dengan kunci yang ditentukan dalam argumen ini game. Ia mengembalikan 0 jika tidak ada tindakan permainan yang ada untuk kunci ini.
  • dilindungi int getInteractionModes ()
Metode ini mengembalikan masker sedikit mode interaksi tersedia
  • dilindungi getMinContentHeight int abstrak ()
Metode ini mengembalikan ketinggian minimum konten dalam piksel.
  • dilindungi getMinContentWidth int abstrak ()
Metode ini mengembalikan lebar minimum konten dalam piksel.
  • dilindungi getPrefContentHeight int abstrak (int lebar)
Metode ini mengembalikan ketinggian disukai konten dalam piksel.
  • dilindungi abstrak int getPrefContentWidth (int tinggi)
Metode ini mengembalikan lebar disukai konten dalam piksel.
  • void dilindungi hideNotify ()
Metode ini disebut oleh sistem untuk memberitahukan bahwa item tersebut sekarang benar-benar tak terlihat. Tidak ada panggilan lebih lanjut untuk metode paint () akan dilakukan pada item ini sampai setelah showNotify () sudah dipanggil lagi.
  • void dilindungi membatalkan ()
Metode ini sinyal bahwa ukuran CustomItem dan lokasi traversal perlu diperbarui.
  • void dilindungi keyPressed (int keyCode)
Metode ini disebut oleh sistem ketika tombol ditekan.
  • void dilindungi keyReleased (int keyCode)
Metode ini disebut oleh sistem ketika tombol dilepaskan.
  • void dilindungi keyRepeated (int keyCode)
Metode ini disebut oleh sistem ketika tombol berulang.
  • dilindungi void paint abstrak (Graphics g, int w, int h)
Metode ini akan dipanggil untuk membuat sub-class dari CustomItem. Metode ini akan dipanggil hanya jika tinggi dan lebar CustomItem lebih besar dari 0.
  • protected void pointerDragged (int x, int y)
Metode ini disebut oleh sistem bila tindakan tarik pointer telah terjadi dalam item tersebut. Koordinat x dan y dari metode ini adalah relatif terhadap asal item.
  • protected void pointerPressed (int x, int y)
Metode ini disebut oleh sistem ketika pointer turun aksi ini terjadi dalam item tersebut. Koordinat x dan y dari metode ini adalah relatif terhadap asal item.
  • void dilindungi pointerReleased (int x, int y)
Metode ini disebut oleh sistem ketika pointer sampai aksi ini terjadi setelah pointer turun tindakan telah terjadi dalam item tersebut. Koordinat x dan y dari metode ini adalah relatif terhadap asal item.
  • kekosongan dilindungi repaint ()
Metode ini disebut dengan kode subclass untuk meminta item tersebut perlu dicat ulang.
  • kekosongan dilindungi repaint (int x, int y, int w, int h)
Metode ini disebut dengan kode subclass untuk meminta agar area persegi tertentu item perlu dicat ulang.
  • void dilindungi showNotify ()
Metode ini disebut oleh sistem untuk memberitahukan item bahwa sekarang setidaknya sebagian terlihat.
  • protected void sizeChanged (int w, int h)
Metode ini dilakukan dengan subclass untuk menangani event ukuran perubahan.
  • dilindungi boolean traverse (int dir, int viewportWidth, int viewportHeight, int [] visRect_inout)
Metode ini disebut oleh sistem ketika traversal telah memasuki item atau telah terjadi dalam item tersebut.
  • void dilindungi traverseOut ()
Metode ini disebut oleh sistem ketika traversal telah terjadi dari item tersebut.
public class Tampilan
Apa itu?
Tampilkan kelas merupakan manajer perangkat layar dan input dari sistem dan juga termasuk metode untuk mengambil sifat dari perangkat dan untuk meminta objek ditampilkan pada perangkat.
o     Bidang
  • public static akhir   int ALERT
Bidang ini mewakili jenis gambar untuk gambar Pemberitahuan.
  • public static akhir   int CHOICE_GROUP_ELEMENT
Bidang ini mewakili jenis gambar untuk gambar elemen ChoiceGroup.
  • public static akhir   int COLOR_BACKGROUND
Kolom ini menentukan jenis warna untuk digunakan dengan metode getColor. Kolom ini menentukan warna latar belakang layar.
  • public static akhir   int COLOR_BORDER
Kolom ini menentukan jenis warna untuk digunakan dengan metode getColor. Kolom ini menentukan warna untuk kotak dan perbatasan ketika objek yang akan diambil dalam keadaan yang tidak disorot.
  • public static akhir   int COLOR_FOREGROUND
Kolom ini menentukan jenis warna untuk digunakan dengan metode getColor. Kolom ini menentukan warna latar depan, untuk karakter teks dan grafik sederhana di layar.
  • public static akhir   int COLOR_HIGHLIGHTED_BACKGROUND
Kolom ini menentukan jenis warna untuk digunakan dengan metode getColor. Kolom ini menentukan warna untuk menyorot fokus atau fokus, ketika diambil sebagai diisi persegi panjang.
  • public static akhir   int COLOR_HIGHLIGHTED_BORDER
Kolom ini menentukan jenis warna untuk digunakan dengan metode getColor. Kolom ini menentukan warna untuk kotak dan perbatasan ketika objek yang akan diambil dalam keadaan disorot.
  • public static akhir   int COLOR_HIGHLIGHTED_FOREGROUND
Kolom ini menentukan jenis warna untuk digunakan dengan metode getColor. Kolom ini menentukan warna untuk karakter teks dan grafik sederhana ketika mereka disorot.
  • public static akhir   int LIST_ELEMENT
Bidang ini mewakili jenis gambar untuk gambar Daftar elemen.
o     Metode
·          public void callSerially (r Runnable)
Metode ini menyebabkan r (objek Runnable) untuk memiliki menjalankan nya () metode yang disebut kemudian, serial dengan aliran acara segera setelah selesainya repaint siklus.
  • public boolean flashBacklight (int durasi)
Metode ini meminta efek berkedip untuk lampu latar perangkat. Metode ini sangat berguna dalam permainan dan dapat digunakan untuk menarik perhatian pengguna atau sebagai efek khusus untuk permainan.
  • public int getBestImageHeight (int imageType)
Metode ini mengembalikan ketinggian gambar terbaik untuk jenis citra. Nilai kembali mungkin nol jika tidak ada ukuran terbaik. Nilai kembali tidak akan pernah negatif.
  • public int getBestImageWidth (int imageType)
Metode ini mengembalikan lebar gambar terbaik untuk jenis citra. Nilai kembali mungkin nol jika tidak ada ukuran terbaik. Nilai kembali tidak akan pernah negatif.
  • public int getBorderStyle (boolean disorot)
Metode ini mengembalikan Stroke gaya untuk menggambar perbatasan. Metode ini akan kembali baik dari:
·    Graphics.DOTTED
·    Graphics.SOLID
  • public int getColor (int colorSpecifier)
Metode ini mengembalikan ditentukan jenis warna dari pengguna tingkat skema antarmuka warna yang tinggi dalam bentuk 0x00RRGGBB.
  • publik dapat ditampilkan getCurrent ()
Metode ini mengembalikan MIDlet ini objek saat ini dapat ditampilkan
  • publik getDisplay Tampilan statis (javax.microedition.midlet.MIDlet m)
Metode ini mengembalikan obyek tampilan bahwa aplikasi dapat digunakan untuk antarmuka pengguna.
  • public boolean isColor ()
Metode ini mengembalikan benar jika layar mendukung warna lain itu akan kembali palsu.
  • public int numAlphaLevels ()
Metode ini mengembalikan jumlah level transparansi alpha didukung. Metode ini setidaknya akan mengembalikan nilai dari 2 yang merupakan singkatan dari transparansi penuh dan opacity penuh. Dalam hal alpha blending didukung nilai ini akan lebih besar dari 2.
  • public int numColors ()
Metode ini mengembalikan jumlah warna perangkat dapat mendukung. Jika metode isColor () telah kembali palsu maka metode ini akan memberikan jumlah nilai grayscale perangkat ini mendukung.
  • public void setCurrent (waspada Alert, nextDisplayable dapat ditampilkan)
Metode ini meminta agar Pemberitahuan ini dibuat dapat ditampilkan saat ini dan yang dapat ditampilkan berikutnya dilakukan saat ini setelah Pemberitahuan diberhentikan.
  • public void setCurrent (nextDisplayable dapat ditampilkan)
Metode ini meminta agar benda dapat ditampilkan berbeda harus dibuat terlihat pada layar.
  • public void setCurrentItem (item Item)
Ini permintaan bahwa metode dapat ditampilkan yang berisi item ini dibuat saat ini. Metode ini gulungan dapat ditampilkan sehingga item ini terlihat dan jika mungkin memberikan fokus ke item berlalu dalam argumen.
  • publik (durasi int) boolean getar
Metode ini digunakan untuk bergetar perangkat untuk sejumlah tertentu dari milidetik. Jika kita ingin mematikan vibrator maka kita harus lulus 0 dalam argumen untuk metode ini. Metode ini mengembalikan benar jika vibrator dapat dikontrol oleh aplikasi dan tampilan ini di latar depan yang lain itu kembali palsu.
public class abstrak dapat ditampilkan
Apa itu?
Setiap kelas yang perlu ditempatkan pada layar harus menjadi sub-class dari kelas ini. Sebuah objek dapat ditampilkan mungkin memiliki berikut ini:
·    Judul
·    Jantung
·    Nol atau lebih perintah
·      Pendengar perintah yang terkait dengannya.
Kelas-kelas sub kelas ini mendefinisikan isi yang akan ditampilkan dan interaksi mereka dengan pengguna.
o     Metode
·          public void addCommand (Command cmd)
Metode ini menambahkan perintah yang ditentukan untuk dapat ditampilkan tersebut. Satu perintah tidak dapat ditambahkan lebih dari sekali pada dapat ditampilkan bahkan dengan memanggil metode ini berulang kali.
  • public int getHeight ()
Metode ini mengembalikan ketinggian area yang tersedia untuk aplikasi.
  • publik Ticker getTicker ()
Metode ini mengembalikan ticker objek digunakan. Metode ini mengembalikan nilai null jika tidak ada ticker hadir dalam Ditampilkan ini.
  • publik java.lang.String getTitle ()
Metode ini mengembalikan judul. Ia mengembalikan null jika judul tidak ada di sana.
  • public int getWidth ()
Metode ini mengembalikan lebar area yang tersedia untuk aplikasi.
  • public boolean isShown ()
Metode ini mengembalikan benar jika dapat ditampilkan ini saat ini terlihat.
  • public void removeCommand (Command cmd)
Metode ini akan menghapus perintah tertentu dari dapat ditampilkan tersebut. Jika perintah yang sama berulang kali dihapus dari dapat ditampilkan dengan metode ini tidak akan berpengaruh.
  • public void setCommandListener (CommandListener l)
Metode ini menetapkan pendengar untuk Perintah untuk dapat ditampilkan ini, menggantikan setiap CommandListener sebelumnya.
  • public void setTicker (Ticker ticker)
Metode ini menetapkan ticker untuk digunakan dengan Displayable ini. Dalam proses itu menghilangkan ticker sebelumnya.
  • public void setTitle (String s)
Metode ini menetapkan judul dapat ditampilkan tersebut. Jika nol diberikan adalah argumen metode ini menghilangkan judul.
  • protected void sizeChanged (int w, int h)
Pelaksanaan panggilan metode (int w, int h) sizeChanged ketika areal yang tersedia dapat ditampilkan telah berubah.
 
public class Font akhir
Apa itu?
Salah satu fitur khas MIDP 1.0 serta MIDP 2.0 adalah bahwa aplikasi tidak dapat membuat font sendiri ada. Aplikasi ini hanya bisa menuntut jenis tertentu dari font dan jika mereka ada pada perangkat mereka akan dikembalikan. Jika font yang diinginkan tidak ada pertandingan perkiraan dikembalikan. Kelas ini digunakan untuk mewakili font dan metrik font.
o     Bidang
  • public static akhir   int FONT_INPUT_TEXT
Bidang ini menetapkan font yang akan digunakan untuk menarik input teks oleh pengguna.
Nilai: 1.
  • public static akhir   int FONT_STATIC_TEXT
Bidang ini menetapkan font default yang digunakan untuk menarik Item dan isi Screen.
Nilai: 0
o     Metode
  • publik Font getFont statis (int fontSpecifier)
Metode ini mengembalikan font yang sesuai dengan font yang disahkan pada argumen.
public class Form
Apa itu?
Formulir ini berisi campuran sewenang-wenang item yaitu:
·    Gambar
·    Hanya-baca teks bidang
·    Editable bidang teks
·    Editable bidang tanggal
·    Gauges
·    Pilihan kelompok
·    Item kustom.

o     Metode
  • public void deleteAll ()
Metode ini akan menghapus semua item dari Formulir ini meninggalkannya tanpa item.
  • public int getHeight ()
Metode ini mengembalikan ketinggian daerah dapat ditampilkan dari Formulir dalam piksel.
  • public int getWidth ()
Metode ini mengembalikan lebar dari Formulir dalam piksel.
masyarakat kelas Gauge
Apa itu?

Item ini menunjukkan nilai integer dalam tampilan grafis. Beberapa perangkat menerapkannya dalam bentuk grafik batang sementara lainnya menunjukkan sebagai screen kemajuan.
o     Bidang
  • public static akhir   int CONTINUOUS_IDLE
Bidang ini merupakan keadaan idle terus menerus dari sebuah Gauge non-interaktif dengan berbagai terbatas.
  • public static akhir   int CONTINUOUS_RUNNING
Bidang ini merupakan keadaan berjalan terus menerus dari sebuah Gauge non-interaktif dengan berbagai terbatas.
  • public static akhir   int INCREMENTAL_IDLE
Bidang ini merupakan keadaan idle tambahan dari Gauge non-interaktif dengan kisaran terbatas.
  • public static akhir   int INCREMENTAL_UPDATING
Bidang ini merupakan negara memperbarui tambahan dari Gauge non-interaktif dengan kisaran terbatas.
  • public static akhir   int TIDAK DITENTUKAN
Bidang ini mewakili nilai khusus yang digunakan untuk nilai maksimum dalam rangka untuk menunjukkan bahwa Gauge memiliki jangkauan tak terbatas.
public class Graphics
Apa itu?

Kelas ini bertindak sebagai pena / kuas untuk menggambar. Ini memberikan kita kemampuan render 2D sederhana geometris.
o     Bidang
  • public static akhir   int BASELINE
Bidang ini adalah konstanta untuk penentuan posisi titik anchor pada awal teks.
  • public static akhir   int BOTTOM
Bidang ini adalah konstanta untuk penentuan posisi titik jangkar teks dan gambar di bawah teks atau mage.
  • public static akhir   int Dotted
Bidang ini adalah konstanta untuk style stroke yang putus-putus.
  • public static akhir   int HCENTER
Bidang ini adalah konstan untuk centering teks dan gambar secara horizontal sekitar titik jangkar.
  • public static akhir   int KIRI
Bidang ini adalah konstanta untuk penentuan posisi titik jangkar teks dan gambar di sebelah kiri teks atau gambar.
  • public static akhir   int KANAN
Bidang ini adalah konstanta untuk penentuan posisi titik jangkar teks dan gambar di sebelah kanan teks atau gambar.
  • public static akhir   int SOLID
Bidang ini adalah konstanta untuk style stroke yang padat.
  • public static akhir   int TOP
Bidang ini adalah konstanta untuk penentuan posisi titik jangkar teks dan gambar di atas teks atau gambar.
  • public static akhir   int vCenter
Bidang ini adalah konstan untuk berpusat gambar secara vertikal di sekitar titik jangkar.
o     Metode
  • public void copyArea (int x_src, int y_src, int lebar, tinggi int, int x_dest, int y_dest, int anchor)
Metode ini salinan isi dari area persegi (diberikan dengan terlebih dahulu 4 koordinat) ke daerah tujuan yang titik anchor diidentifikasi oleh variabel jangkar terletak di variabel diwakili oleh 'x_dest' dan 'y_dest'.
  • public void drawRegion (Gambar src, int x_src, int y_src, int lebar, tinggi int, int transformasi, int x_dest, int y_dest, int anchor)
Metode ini salinan sebuah wilayah sumber gambar tertentu ke lokasi dalam tujuan, mungkin mengubah (memutar dan mencerminkan) data gambar menggunakan fungsi mengubah dipilih.
  • drawRGB public void (int [] rgbData, int offset, scanlength int, int x, int y, int width, int tinggi, boolean processAlpha)
Metode ini membuat serangkaian perangkat-independen nilai warna pada suatu daerah tertentu. Nilai-nilai yang disimpan di 'rgbData' array integer dalam format dengan 24 bit RGB dan delapan-bit nilai alpha (0xAARRGGBB), dengan nilai pertama disimpan pada offset tertentu.
  • public void fillTriangle (int x1, int y1, int x2, int y2, int x3, y3 int)
Metode ini digunakan untuk menggambar persegi panjang diisi. Metode ini mengisi segitiga tertentu akan warna saat ini. Garis yang menghubungkan tiap pasangan titik termasuk dalam segitiga diisi.
  • public int getDisplayColor (int warna)
Metode ini mengembalikan warna yang sesuai yang akan ditampilkan pada layar perangkat (dalam 0x00RRGGBB format). Metode ini berguna sebagai programmer dapat menentukan warna gambar yang sebenarnya yang akan digunakan karena kendala perangkat, bukan warna dia / dia telah diberikan sebagai warna saat ini.
public class Gambar
Apa itu?

Kelas Gambar digunakan untuk menyimpan data gambar grafis. Kelas ini memegang data di luar memori layar dan tidak dicat Tampilan sampai panggilan eksplisit tidak dibuat untuk menampilkannya baik dengan rendah kelas tingkat pengguna antarmuka seperti kanvas atau kelas pengguna antarmuka tingkat tinggi seperti Formulir
o     Metode
  • publik createImage Gambar statis (gambar Gambar, int x, int y, int lebar, tinggi int, int mengubah)
Metode ini mengembalikan gambar yang dibuat dari daerah koordinasi ditentukan dari gambar sumber dan sesuai mengubahnya sesuai dengan parameter transformasi.
  • publik createImage Gambar statis (aliran java.io.InputStream)
Metode ini mengembalikan gambar yang dibuat dari data didekode diperoleh dari InputStream.
  • Gambar createRGBImage publik statis (int [] rgb, lebar int, tinggi int, boolean processAlpha)
Metode ini mengembalikan gambar yang dibuat dari urutan nilai ARGB.
  • public void getRGB (int [] rgbData, int offset, scanlength int, int x, int y, int width, int tinggi)
Metode ini memperoleh data pixel ARGB dari wilayah tertentu dari gambar ini dan menyimpannya dalam array bilangan bulat yang disediakan dalam metode tanda tangan.
masyarakat kelas ImageItem
Apa itu?
ImageItem adalah item yang dapat berisi gambar.
o     Konstruktor
  • publik ImageItem (String label, gambar foto, tata letak int, String altText, int appearanceMode)
Creates a new ImageItem object with the given label, image, layout directive, alternate text string, and appearance mode. Either label or alternative text may be present or null.
o     Metode
  • public int getAppearanceMode ()
Metode ini mengembalikan modus penampilan nilai yang dapat menjadi salah satu nilai berikut: Item.PLAIN, Item.HYPERLINK atau Item.BUTTON
public class Barang abstrak
Apa itu?
Ini adalah kelas super untuk semua komponen yang dapat ditambahkan ke Formulir
o     Bidang
  • public static akhir   int BUTTON
Bidang yang merupakan singkatan dari nilai modus penampilan yang menunjukkan bahwa barang ini adalah untuk muncul sebagai tombol.
  • public static akhir   int HYPERLINK
Bidang yang merupakan singkatan dari nilai modus penampilan yang menunjukkan bahwa barang ini adalah untuk muncul sebagai hyperlink.
  • public static akhir   int LAYOUT_2
Bidang yang merupakan singkatan dari arahan tata letak yang menunjukkan bahwa baru MIDP 2.0 aturan tata letak yang berlaku untuk Item ini. Jika bit ini dinolkan, ini menunjukkan bahwa perilaku tata letak MIDP 1.0 berlaku untuk item ini.
  • public static akhir   int LAYOUT_BOTTOM
Bidang yang merupakan singkatan dari arahan tata letak yang menunjukkan bahwa barang ini harus memiliki tata letak bawah-blok.
  • public static akhir   int LAYOUT_CENTER
Bidang yang merupakan singkatan dari arahan tata letak yang menunjukkan bahwa barang ini harus memiliki tata letak horizontal terpusat.
  • public static akhir   int LAYOUT_DEFAULT
Bidang yang merupakan singkatan dari arahan tata letak yang menunjukkan bahwa item ini harus mengikuti kebijakan default layout wadah.
  • public static akhir   int LAYOUT_EXPAND
Bidang yang merupakan singkatan dari arahan tata letak yang menunjukkan bahwa lebar this Item ini dapat ditingkatkan untuk mengisi ruang yang tersedia.
  • public static akhir   int LAYOUT_LEFT
Bidang yang merupakan singkatan dari arahan tata letak yang menunjukkan bahwa barang ini harus memiliki tata letak kiri-aligned.
  • public static akhir   int LAYOUT_NEWLINE_AFTER
Bidang yang merupakan singkatan dari arahan tata letak yang menunjukkan bahwa item ini harus yang terakhir pada baris atau baris, dan Item berikutnya (jika ada ada) dalam wadah harus ditempatkan pada baris baru atau baris.
  • public static akhir   int LAYOUT_NEWLINE_BEFORE
Bidang yang merupakan singkatan dari arahan tata letak yang menunjukkan bahwa item ini harus ditempatkan pada awal baris baru atau baris.
  • public static akhir   int LAYOUT_RIGHT
Bidang yang merupakan singkatan dari arahan tata letak yang menunjukkan bahwa barang ini harus memiliki tata letak selaras benar.
  • public static akhir   int LAYOUT_SHRINK
Bidang yang merupakan singkatan dari arahan tata letak yang menunjukkan bahwa lebar this Item ini dapat dikurangi dengan lebar minimum.
  • public static akhir   int LAYOUT_TOP
Bidang yang merupakan singkatan dari arahan tata letak yang menunjukkan bahwa barang ini harus memiliki tata letak selaras atas.
  • public static akhir   int LAYOUT_VCENTER
Bidang yang merupakan singkatan dari arahan tata letak yang menunjukkan bahwa barang ini harus memiliki tata letak vertikal terpusat.
  • public static akhir   int LAYOUT_VEXPAND
Bidang yang merupakan singkatan dari arahan tata letak yang menunjukkan bahwa ketinggian this Item ini dapat ditingkatkan untuk mengisi ruang yang tersedia.
  • public static akhir   int LAYOUT_VSHRINK
Bidang yang merupakan singkatan dari arahan tata letak yang menunjukkan bahwa ketinggian this Item ini dapat dikurangi dengan tinggi minimum.
  • public static akhir   int PLAIN
Bidang ini menunjukkan bahwa item tersebut harus memiliki penampilan normal.
o     Metode
·          public void addCommand (Command cmd)
Metode ini menambahkan Command konteks sensitif terhadap item.
  • public int getLayout ()
Metode ini mengembalikan kombinasi nilai direktif tata letak
  • public int getMinimumHeight ()
Metode ini mengembalikan ketinggian minimum item ini.
  • public int getMinimumWidth ()
Metode ini mengembalikan lebar minimum dari item ini.
  • public int getPreferredHeight ()
Metode ini mengembalikan ketinggian disukai Item ini.
  • public int getPreferredWidth ()
Metode ini mengembalikan lebar disukai Item ini.
  • public void notifyStateChanged ()
Metode ini menyebabkan Formulir this Item yang berisi untuk memberitahu ItemStateListener Item itu.
  • public void removeCommand (Command cmd)
Metode ini akan menghapus perintah konteks sensitif dari item ini.
  • public void setDefaultCommand (Command cmd)
Metode ini menetapkan perintah default untuk item ini.
  • public void setItemCommandListener (ItemCommandListener l)
Metode ini menetapkan pendengar untuk Perintah untuk this Item menggantikan setiap ItemCommandListener sebelumnya.
  • public void setLayout (int layout)
Metode ini menetapkan arahan tata letak untuk item ini.
  • public void setPreferredSize (int width, int height)
Metode ini menetapkan lebar dan tinggi yang lebih disukai untuk Item ini.
public interface ItemCommandListener
Apa itu?
Ini adalah bentuk baru dari pendengar acara yang telah diperkenalkan pada MIDP 2.0 untuk menerima pemberitahuan perintah yang telah dipanggil pada objek Item.
o     Metode
·          public void commandAction (Command c, Item item)
Metode ini disebut oleh sistem untuk menunjukkan bahwa perintah telah dipanggil pada item tertentu.
public class Daftar
Apa itu?
Daftar ini adalah daftar Layar yang berisi pilihan. Kelas ini memberi kita elemen antarmuka pengguna yang sangat baik untuk situasi di mana pengguna harus memilih antara pilihan yang berbeda atau memilih beberapa elemen antara banyak. Contoh aplikasi di mana daftar dapat sangat berguna adalah menu restoran aplikasi di mana pengguna dapat memilih item untuk memesan untuk pengiriman rumah.
o     Metode
  • public int getFitPolicy ()
Metode ini mendapat kebijakan pilihan aplikasi untuk isi elemen Pilihan yang cocok untuk ruang layar yang tersedia.
  • public Font getFont (int elementNum)
Metode ini mengembalikan font yang lebih disukai untuk digunakan untuk membuat elemen tertentu.
  • public void removeCommand( Command cmd)
Metode ini menggantikan metode removeCommand di dapat ditampilkan.
  • public void setFitPolicy (int fitPolicy)
Metode ini menetapkan kebijakan pilihan aplikasi untuk isi elemen Pilihan yang cocok untuk ruang layar yang tersedia.
  • public void setFont (int elementNum, Font font)
Metode ini menetapkan font yang disukai aplikasi untuk rendering elemen tertentu dari Pilihan ini.
  • public void setSelectCommand (Command command)
Metode ini menetapkan Command yang akan digunakan untuk tindakan seleksi Daftar IMPLISIT. Metode ini tidak akan berpengaruh untuk jenis lain Daftar. Mengatur nilai null diperbolehkan. Perintah harus nol hanya jika Anda ingin tidak memiliki perintah untuk pilih Daftar.
masyarakat kelas Layar abstrak
Apa itu?

Layar adalah kelas super umum dari semua tingkat tinggi kelas antarmuka pengguna. Isi yang ditampilkan dan interaksi mereka dengan pengguna didefinisikan oleh subclass dari Screen. Dalam MIDP 2.0 dengan 4 metode Screen yang ada di MIDP 1.0 telah bergeser ke dapat ditampilkan.
masyarakat kelas Spacer
Apa itu?
Spacer adalah, kosong non-interaktif item yang memiliki ukuran minimum settable.
o     Konstruktor
·          public Spacer (int minWidth, int minHeight)
Konstruktor ini menciptakan Spacer baru dengan ukuran minimum tertentu.
o     Metode
·          public void addCommand (Command cmd)
Spacer tidak dapat berisi Perintah. Oleh karena itu metode ini akan selalu membuang IllegalStateException setiap kali disebut untuk sebuah Spacer.
  • public void setDefaultCommand (Command cmd)
Spacer tidak dapat berisi Perintah. Oleh karena itu metode ini akan selalu membuang IllegalStateException setiap kali disebut untuk sebuah Spacer.
  • public void setLabel (String label)
Spacer tidak dapat berisi label. Oleh karena itu metode ini akan selalu membuang IllegalStateException setiap kali disebut untuk sebuah Spacer.
  • public void setMinimumSize (int minWidth, int minHeight)
Metode ini menentukan ukuran minimum untuk spacer ini. Formulir tidak akan diizinkan untuk membuat Spacer lebih kecil dari ukuran ini. Ukuran minimum Spacer harus nol atau lebih.
Untuk melakukan Daftar
masyarakat kelas StringItem
Apa itu?
StringItem adalah item yang dapat berisi non - string diedit. Ini berisi label dan elemen teks.
o     Konstruktor
  • publik StringItem (String label, teks String, int appearanceMode)
Konstruktor ini adalah edisi baru dalam MIDP 2.0. Ini menciptakan objek baru dengan konten, label diberikan tekstual dan modus penampilan. Elemen-elemen label atau teks dapat hadir atau mereka mungkin memiliki nilai null.
o     Metode
·          public int getAppearanceMode ()
Metode ini mengembalikan nilai penampilan mode. Nilainya mungkin salah satu dari berikut:
·    Item.PLAIN
·    Item.HYPERLINK
·    Item.BUTTON
  • Font publik getFont ()
Metode ini mengembalikan font yang disukai dari aplikasi yang akan digunakan untuk membuat StringItem ini
  • public void setfont (font Font)
Metode ini menetapkan font yang disukai aplikasi untuk rendering StringItem ini.

public class TextBox
Apa itu?
Kelas TextBox adalah layar yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan dan mengedit teks.
o     Metode
  • public void setInitialInputMode (String characterSubset)
Metode ini menetapkan petunjuk pelaksanaan untuk mode input yang harus digunakan ketika pengguna memulai pengeditan TextBox ini.
Apa Mode Input?

Sebuah parameter string dilewatkan di setInitialInputMode metode (). Parameter ini digunakan untuk nama subset karakter Unicode yang diinginkan sebagai modus input. Metode ini memberi petunjuk untuk perangkat tentang keinginan aplikasi untuk mode input tertentu. Mode input tidak diperlukan untuk menjadi salah satu yang pengguna melihat pada perangkat ini karena ada banyak variasi di berbagai perangkat. Dengan demikian perangkat ini hanya dapat mencoba untuk mencocokkan mode input. Jika tidak dapat menemukan pertandingan ia akan menampilkan mode input default.

Blok karakter Unicode yang dapat digunakan sebagai nilai untuk parameter dapat diberi nama dengan menambahkan awalan "UCB_" untuk nama string bidang mewakili blok karakter Unicode sebagaimana didefinisikan dalam J2SE kelas java.lang.Character.UnicodeBlock. Blok karakter Unicode mungkin dinamai dalam mode ini Blok paling umum karakter Unicode adalah sebagai berikut.:
·    UCB_BASIC_LATIN
·    UCB_GREEK
·    UCB_CYRILLIC
·    UCB_ARMENIAN
·    UCB_HEBREW
·    UCB_ARABIC
·    UCB_DEVANAGARI
·    UCB_BENGALI
·    UCB_THAI
·    UCB_HIRAGANA
·    UCB_KATAKANA
·    UCB_HANGUL_SYLLABLES

Anda juga dapat menggunakan "himpunan bagian Input" seperti yang didefinisikan oleh kelas java.awt.im.InputSubset J2SE dengan menambahkan awalan "IS_" untuk nama string bidang mewakili himpunan bagian masukan seperti yang didefinisikan dalam kelas tersebut. Berikut ini adalah nama-nama subset masukan saat ini didefinisikan:
·    IS_FULLWIDTH_DIGITS
·    IS_FULLWIDTH_LATIN
·    IS_HALFWIDTH_KATAKANA
·    IS_HANJA
·    IS_KANJI
·    IS_LATIN
·    IS_LATIN_DIGITS
·    IS_SIMPLIFIED_HANZI
·    IS_TRADITIONAL_HANZI

Mobile Information Device Profile juga mendefinisikan himpunan karakter berikut:
·    MIDP_UPPERCASE_LATIN - Ini adalah subset dari IS_LATIN yang sesuai dengan huruf besar huruf Latin.
·    MIDP_LOWERCASE_LATIN - Ini adalah subset dari IS_LATIN yang sesuai dengan huruf kecil huruf Latin.
Implementasi perangkat juga mungkin memiliki subset karakter khusus yang mungkin dinamai dengan string yang memiliki awalan "x_".
public class TextField
Apa itu?
  TextField adalah sebuah komponen teks yang dapat diedit yang dapat ditempatkan ke dalam Formulir.  
o     Bidang
  • public static akhir   int DECIMAL
Bila Anda menggunakan bidang ini pengguna diijinkan untuk memasukkan nilai numerik dengan pecahan desimal opsional.
  • public static akhir   int INITIAL_CAPS_SENTENCE
Flag ini adalah petunjuk untuk pelaksanaan yang selama mengedit teks dari isi textfield huruf awal dari setiap kalimat harus dikapitalisasi.
  • public static akhir   int INITIAL_CAPS_WORD
Flag ini adalah petunjuk untuk pelaksanaan yang selama mengedit teks dari isi textfield huruf awal dari setiap kata harus dikapitalisasi.
  • public static akhir   int NON_PREDICTIVE
Bidang ini menunjukkan bahwa teks yang dimasukkan oleh pengguna tidak akan terdiri dari kata-kata yang mungkin ditemukan dalam kamus biasanya digunakan oleh skema masukan prediktif.
  • public static akhir   int SENSITIF
Bidang ini menunjukkan bahwa teks yang dimasukkan adalah data sensitif. Perangkat tidak pernah harus menyimpan ke dalam kamus atau meja untuk digunakan dalam prediksi, otomatis menyelesaikan atau skema masukan dipercepat. Sebuah ID keamanan adalah contoh dari data yang sensitif.
  • public static akhir   int diedit
Bidang ini menunjukkan bahwa editing saat ini dianulir. Ketika flag ini diset perangkat akan mencegah pengguna dari mengubah isi teks dari objek ini.
o     Metode
  • public void setInitialInputMode (String characterSubset)
Metode ini menetapkan petunjuk pelaksanaan untuk mode input yang harus digunakan ketika pengguna memulai pengeditan textfield ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar