Selasa, 12 Juni 2012

UNIT IV - Bab 7 - Nokia UI API


UNIT IV - Bab 7 - Nokia UI API

Ketika MIDP 1.0 platform yang diperkenalkan itu masalah tertentu terkait dengan API user interface. MIDP 1.0 platform yang althaugh platform yang baik memiliki kelemahan tertentu. Kepala di antara mereka adalah kurangnya beberapa fitur berikut:
·    Tidak ada dukungan untuk menggambar dalam modus layar penuh.
·    Ada kurangnya dukungan untuk generasi suara.
·    Tidak ada dukungan untuk mengendalikan elemen antarmuka pengguna penting seperti lampu dan vibrator.
·    Ada kebutuhan untuk kualitas gambar yang baik dan API manipulasi grafis. Spesifikasi MIDP 1.0 hanya memiliki satu set dasar API untuk tujuan itu.
Untuk menghilangkan jenis hambatan Nokia memperkenalkan Nokia UI API 1,0. API ini didukung oleh semua built perangkat Nokia MIDP. Jadi kolam besar perangkat mendukung API ini. Althaugh saya tidak ingin memasukkan API produsen tertentu dalam teks ini tetapi descision saya untuk memasukkan Nokia API dibuat ketika saya menemukan bahwa Nokia UI API yang didukung oleh lebih dari 60 perangkat di pasar. Sejak Nokia memiliki pangsa terbesar di pasar ponsel adalah penting bagi pengembang untuk mengetahui bahkan Nokia UI API. Bahkan jika Anda ingin mengembangkan kualitas permainan yang baik di MIDP 1.0 untuk perangkat Nokia maka Nokia UI API adalah taruhan terbaik.
Ketika bekerja dengan Nokia UI API harap diingat bahwa karena mereka bukan bagian dari inti MIDP atau CLDC, mereka tidak didukung oleh emulator umum dan toolkit. Tapi Anda dapat menggunakan API Nokia dari J2ME Wireless Toolkit dengan menggunakan emulator Nokia. Hanya menyalin emulator Nokia yang dapat anda download dari 'Forum Nokia' ke direktori 'perangkat' di bawah direktori 'wtklib' dalam direktori di mana toolkit Anda dimuat. Misalnya umumnya dalam kasus J2ME WTK 1,04 emulator Nokia harus disalin ke direktori berikut 'C: \ wtk104 \ wtklib \ perangkat'.
Nokia UI API berisi dua paket berikut:
com.nokia.mid.sound
Paket ini menyediakan sebuah API untuk kemampuan audio sederhana dari dalam aplikasi Anda.
com.nokia.mid.ui
Paket ini berisi grafis terkait ekstensi untuk MIDP rendah tingkat UI API. Kontrol atas backlight, mode vibrator, layar penuh dan data gambar diberikan dalam paket ini.
com.nokia.mid.ui. DeviceControl
Apa itu?

Kelas DeviceControl memberikan kita metode untuk mengontrol beberapa fitur khusus yang tersedia di perangkat mobile seperti getaran dan layar (LCD) lampu latar.
o     Metode
·          public void setLights statis (int num, int tingkat)
Metode ini digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan lampu pada perangkat.  
Parameter
int num - Parameter ini menunjukkan jumlah cahaya perangkat untuk mengontrol. 0 Nilai ditugaskan untuk lampu latar layar. Saat ini hanya lampu latar layar yang didukung.
tingkat int - Parameter ini harus menjadi nilai antara 0 dan 100. Hal ini menunjukkan kecerahan cahaya. Tidak semua perangkat mendukung 100 variasi kecerahan cahaya. Beberapa perangkat hanya memiliki dua tingkat. 0 menetapkan satu tingkat dan nilai-nilai lain mengatur tingkat lainnya.
·          public void senter statis (durasi panjang)
Metode ini usesd untuk sementara berkedip lampu untuk jangka waktu tertentu. Waktu untuk flashing lampu diberikan dalam milidetik pada parameter durasi.
·          public void startVibra statis (int freq, durasi panjang)
Metode ini digunakan untuk mengatur getaran pada frekuensi tertentu untuk waktu tertentu. Durasi waktu yang akan digunakan perangkat harus bergetar diberikan dalam milidetik. Fitur ini sangat berguna dalam game action.
·          publik stopVibra static void ()
Metode ini digunakan untuk bijih getaran. Jika perangkat tidak bergetar metode ini tidak akan berpengaruh.  
public interface DirectGraphics
apa yang   itu?
Kelas DirectGraphics berisi ekstensi grafis untuk MIDP Graphics. Interface ini mendukung fitur berikut:
·          Polygon dan segitiga menggambar
·          Gambar diputar
·          Gambar membalik
·          Alpha channel warna dukungan
o     Bidang
·          public int akhir statis FLIP_HORIZONTAL
Bidang ini adalah konstan untuk gambar horizontal flipping.
 
·          public int akhir statis FLIP_VERTICAL
Bidang ini adalah konstan untuk membalik gambar vertikal.
 
·          public int akhir statis ROTATE_90
Bidang ini adalah sebuah konstanta untuk memutar gambar 90 derajat berlawanan arah jarum jam.

·          public int akhir statis ROTATE_180.
Bidang ini adalah sebuah konstanta untuk memutar gambar 180 derajat berlawanan arah jarum jam.

·          public int akhir statis ROTATE_270
Bidang ini adalah sebuah konstanta untuk memutar gambar 270 derajat berlawanan arah jarum jam.

Bidang diberikan di bawah ini digunakan untuk bekerja dengan piksel.
·          TYPE_BYTE_1_GRAY public int static final
·          public int akhir statis TYPE_BYTE_1_GRAY_VERTICAL
·          TYPE_BYTE_2_GRAY int public static final.
·          TYPE_BYTE_4_GRAY public int static final
·          TYPE_BYTE_8_GRAY public int static final
·          TYPE_BYTE_332_RGB public int static final
·          TYPE_USHORT_4444_ARGB public int static final
·          TYPE_USHORT_444_RGB public int static final
·          TYPE_USHORT_1555_ARGB public int static final
·          TYPE_USHORT_565_RGB public int static final
·          TYPE_INT_888_RGB int public static final.
·          TYPE_INT_8888_ARGB public int static final

o     Metode

·          public void setARGBColor (int argbColor)
Metode ini menentukan warna untuk operasi gambar berikutnya. Parameter untuk warna dalam metode ini mengambil nilai dalam format nilai ARGB (0xAARRGGBB). Berikut ini adalah arti dari huruf dalam format ini:
·    AA - Alpha informasi
·    RR - Red Informasi warna
·    GG - Green Informasi warna
·    BB - Informasi warna Biru
  ·            public void drawImage (javax.microedition.lcdui.Image img, int x, int y, int anchor manipulasi, int) 
Metode ini dapat digunakan untuk menggambar sebuah gambar untuk konteks grafis. Manipulasi umum semua bisa dilakukan pada gambar dengan metode ini. Titik jangkar dapat digunakan untuk penentuan posisi gambar.
  ·            public void drawTriangle (int x1, int y1, int x2, int y2, int x3, y3 int, int argbColor) 
  Metode ini dapat digunakan untuk menggambar sebuah segitiga tertutup didefinisikan oleh koordinat yang diberikan dalam parameter.  Metode ini menggunakan warna didefinisikan dalam parameter terakhir untuk menggambar segitiga.  Metode ini tidak mengubah warna saat ini dari sistem. 
  ·            public void fillTriangle (int x1, int y1, int x2, int y2, int x3, y3 int, int argbColor) 
  Metode ini dapat digunakan untuk menggambar sebuah segitiga yang penuh didefinisikan dengan koordinat yang diberikan dalam parameter.  Metode ini menggunakan warna didefinisikan dalam parameter terakhir untuk mengisi segitiga.  Metode ini tidak mengubah warna saat ini dari sistem. 
  ·            public void drawPolygon (int [] xPoints, int xOffset, int [] yPoints, int yOffset, int nPoints, int argbColor) 
  Metode ini dapat digunakan untuk menggambar poligon tertutup didefinisikan oleh array x dan koordinat y.  Setiap pasang x dan y koordinat mendefinisikan titik pada gambar.  Metode ini menggunakan warna didefinisikan dalam parameter terakhir untuk menggambar poligon.  Metode ini tidak mengubah warna saat ini dari sistem. 
  ·            public void fillPolygon (int [] xPoints, int xOffset, int [] yPoints, int yOffset, int nPoints, int argbColor). 
Metode ini dapat digunakan untuk menggambar polygon diisi didefinisikan oleh array x dan koordinat y. Setiap pasang x dan y koordinat mendefinisikan titik pada gambar. Daerah di dalam poligon didefinisikan menggunakan aturan bolak-balik. Metode ini menggunakan warna didefinisikan dalam parameter terakhir untuk mengisi poligon. Metode ini tidak mengubah warna saat ini dari sistem.
  ·            public void drawPixels (int [] piksel, transparansi boolean, int offset, scanlength int, int x, int y, int width, int tinggi, manipulasi int, format int) 
Salinan Metode ini atau menarik data pixel secara langsung dengan konteks grafis atau ke lokasi tertentu dari array mulai dari offset tertentu. Hanya format berbasis int diperbolehkan untuk metode ini, jika Anda lulus format lain maka akan mengakibatkan IllegalArgumentException.
  ·            public void drawPixels (byte [] piksel, byte [] transparencyMask, int offset, scanlength int, int x, int y, int width, int tinggi, manipulasi int, format int) 
Salinan Metode ini atau menarik data pixel secara langsung dengan konteks grafis atau ke lokasi tertentu dari array mulai dari offset tertentu. Hanya format berbasis byte yang diizinkan untuk metode ini, jika Anda lulus format lain maka akan mengakibatkan IllegalArgumentException.
  ·            public void drawPixels (pendek [] piksel, transparansi boolean, int offset, scanlength int, int x, int y, int width, int tinggi, manipulasi int, format int) 
Salinan Metode ini atau menarik data pixel secara langsung dengan konteks grafis atau ke lokasi tertentu dari array mulai dari offset tertentu. Hanya format berbasis pendek diperbolehkan untuk metode ini, jika Anda lulus format lain maka akan mengakibatkan IllegalArgumentException.
  ·            public void getPixels (int [] piksel, int offset, scanlength int, int x, int y, int lebar, tinggi format, int int) 
Metode ini akan menyalin nilai piksel pada lokasi tertentu ke array int.
  ·            public void getPixels (byte [] piksel, byte [] transparencyMask, int offset, scanlength int, int x, int y, int lebar, tinggi format, int int) 
Metode ini akan menyalin nilai piksel pada lokasi tertentu ke array byte.
  ·            public void getPixels (pendek [] piksel, int offset, scanlength int, int x, int y, int lebar, tinggi format, int int) 
Metode ini akan menyalin nilai piksel pada lokasi tertentu ke array celana pendek.
  ·            public int getNativePixelFormat () 
Metode ini mengembalikan format pixel asli dari sebuah implementasi. Format dikembalikan oleh metode ini adalah format yang paling efisien yang didukung oleh drawPixels dan metode getPixels dari implementasi tertentu.
·          public int getAlphaComponent ()
Metode ini mendapatkan komponen alpha dari warna saat ini yang bisa berkisar dari 0 sampai 255.  
DirectUtils kelas publik meluas java.lang.Object
  Apa itu? 
  Kelas ini berisi metode yang berguna.  Ini berisi metode untuk melakukan hal berikut: 
  o       Konversi kelas standar lcdui ke kelas Nokia UI. 
  o       Konversi kelas Nokia UI untuk kelas lcdui standar. 
  o       Menciptakan berbagai jenis gambar. 
  o       Metode 
  ·            public static DirectGraphics getDirectGraphics (javax.microedition.lcdui.Graphics g) 
  Metode ini mengubah javax.microedition.lcdui.Graphics standar keberatan ke objek DirectGraphics.  Tidak ada objek baru diciptakan dalam proses.  Jadi ketika kita akan bertindak atas DirectGraphics keberatan objek Graphics yang sama akan workd atas. 
  ·            public static javax.microedition.lcdui.Image createImage (byte [] int int imageOffsetimageData imagelength) 
  Metode ini adalah metode yang sangat berguna.  Hal ini dapat membantu kita membuat gambar bisa berubah yang dapat dibangun dari data yang disimpan dalam array byte yang ditentukan pada offset tertentu dan panjang.  Format PNG antara lain didukung oleh metode ini. 
  ·            public static javax.microedition.lcdui.Image createImage (lebar int, tinggi int, int ARGBcolor) 
Metode ini akan mengembalikan Gambar bisa berubah baru dibuat dengan dimensi tertentu. Semua piksel gambar akan menjadi warna ARGB tertentu. Jadi metode ini membantu kita membuat gambar transparan yang sangat berguna dalam permainan.
publik FullCanvas kelas abstrak meluas javax.microedition.lcdui.Canvas
  Apa itu? 
  Salah satu masalah terbesar yang dihadapi saat mengembangkan permainan dan aplikasi pada ponsel adalah ukuran layar kecil.  Hal ini lebih diperparah oleh kenyataan bahwa kita tidak dapat menggunakan layar penuh dalam spesifikasi MIDP 1.0.  Untuk menghilangkan masalah ini Nokia telah memberikan kita dengan kelas FullCanvas yang menyediakan kami dengan area lukisan layar penuh.  Perintah tidak dapat ditambahkan ke kelas ini.  Tapi kami memiliki jalan keluar dalam bentuk menangkap peristiwa yang dihasilkan oleh tombol lembut.  Jadi masalah ini bukan satu besar.    
  Pembina 
  ·            dilindungi FullCanvas () 
  Konstruktor ini membangun sebuah objek FullCanvas baru.  Ini kelas yang disarikan harus sub digolongkan. 
  Bidang 
  ·            public int akhir statis KEY_SOFTKEY1 
  Bidang ini adalah kode kunci konstan untuk softkey kiri / tombol perintah tombol pertama Nilai:. -6  
  ·            public int akhir statis KEY_SOFTKEY2 
  Bidang ini adalah kode kunci konstan untuk softkey kanan / tombol perintah tombol terakhir. 
  Nilai: -7  
  ·            KEY_SEND public int static final 
  Bidang ini adalah kode kunci konstan untuk tombol Kirim. 
  Nilai: -10. 
  ·            KEY_END public int static final 
  Bidang ini adalah kode kunci konstan untuk tombol Putus. 
  Nilai: -11 
  ·            public int akhir statis KEY_SOFTKEY3 
  Bidang ini adalah kode kunci konstan untuk pilih kunci / tengah softkey / kunci tombol perintah kedua.  Semua perangkat tidak mengandung kunci ini. 
  Nilai: -5. 
  ·            KEY_UP_ARROW public int static final 
  Bidang ini adalah kode kunci konstan untuk tombol panah atas. 
  Nilai: -1. 
  ·            KEY_DOWNAR_ROW public int static final 
  Bidang ini adalah kode kunci konstan untuk tombol panah bawah. 
  Nilai: -2. 
  ·            KEY_LEFT_ARROW public int static final                                                                                                                       
Bidang ini adalah kode kunci konstan untuk panah kiri. Semua perangkat tidak mengandung kunci ini.
Nilai: -3
·          KEY_RIGHT_ARROW public int static final
Bidang ini adalah kode kunci konstan untuk tombol panah kanan. Semua perangkat tidak mengandung kunci ini.
Nilai: -4.
Metode
·          public void addCommand (javax.microedition.lcdui.Command cmd) Throws IllegalStateException.
Kelas FullCanvas tidak mendukung perintah.
·          kekosongan setCommandListener publik (javax.microedition.lcdui.CommandListener l) Throws IllegalStateException.
Kelas FullCanvas tidak mendukung perintah.  
Suara kelas publik meluas java.lang.Object
Apa itu?
Kelas Suara memberi kita API sederhana untuk bermain nada dan file audio digital. Ini adalah fitur yang sangat penting untuk game.
o     Pembina
·          Suara publik (byte [] data, tipe int)
Metode ini menginisialisasi objek suara sehingga siap untuk pemutaran.
·          Suara publik (int freq, durasi panjang)
Metode ini menginisialisasi objek suara sehingga siap untuk pemutaran. Konstruktor ini dapat digunakan untuk menginisialisasi suara nada sederhana berbasis.
o     Bidang
·          FORMAT_TONE public int static final
·          public static final int FORMAT_WAV
·          SOUND_PLAYING public int static final
·          int akhir public static SOUND_STOPPED
·          public int akhir statis SOUND_UNINITIALIZED
o     Metode
·          void init publik (durasi int freq, panjang)
Metode ini menginisialisasi Suara memainkan bip sederhana. Parameter pertama adalah singkatan dari frekuensi dalam Hz dan yang kedua waktu dalam milidetik. Perlu diingat bahwa nilai pada parameter kedua harus kurang dari 2 detik untuk hasil yang normal.
·          void init publik (byte [] data, tipe int)
Metode ini menginisialisasi objek suara berdasarkan data dalam array byte. Parameter kedua adalah singkatan dari format data.

·          public int getState ()
Metode ini mendapatkan kondisi saat suara.

·          public void main (int loop)
Metode ini digunakan untuk bermain suara dari awal. Nilai 0 pada parameter loop akan mengatur pemutaran dalam modus pemutaran berkesinambungan. Nilai yang lain berarti bahwa pemutaran harus diulang jumlah tertentu kali. Jauhkan nilai parameter lingkaran sekecil untuk hasil terbaik.

·          public void stop ()
Metode ini menghentikan pemutaran suara. Juga mengubah negara untuk SOUND_STOPPED.

·          public void Resume ()
Metode ini dapat digunakan untuk melanjutkan pemutaran dari objek suara berhenti dari posisi itu berhenti di.   Metode ini juga mengubah negara untuk SOUND_PLAYING.

·          public void rilis ()
Metode ini rilis sumber daya audio yang disediakan oleh obyek suara.

·          public void setGain (int keuntungan)
Metode ini menetapkan gain (volume) untuk objek suara. Nilai gain di kisaran 0 dan 255. Nilai 0 berarti bisu.

·          public int getGain ()
Metode ini mendapatkan keuntungan (volume) suara.

·          publik getConcurrentSoundCount static int (int type)
Metode ini mendapatkan jumlah maksimum suara bersamaan perangkat dapat bermain untuk jenis audio tertentu.

·          public static int [] getSupportedFormats ()
Metode ini mengembalikan format audio yang didukung sebagai array dari int.

·          public void setSoundListener (pendengar SoundListener)
Metode ini dapat digunakan untuk mendaftarkan pendengar untuk pemberitahuan negara pemutaran.
public interface SoundListener
Apa itu?
Antarmuka SoundListener dapat digunakan oleh aplikasi untuk menerima peristiwa yang menunjukkan perubahan di negara pemutaran dari objek suara.
Metode
·          public void soundStateChanged (Suara suara, acara int)
Metode ini disebut ketika negara pemutaran suara berubah. Peristiwa berikut dapat terjadi:
  • SOUND_PLAYING
  • SOUND_STOPPED
  • SOUND_UNINITIALIZED

Tidak ada komentar:

Posting Komentar