Selasa, 12 Juni 2012

UNIT II - Bab 1: Bagaimana seharusnya saya program di J2ME?


UNIT II - Bab 1: Bagaimana seharusnya saya program di J2ME?

Sekarang kita telah membahas aspek pengantar J2ME kita harus sampai pada pertanyaan paling penting yang datang dalam pikiran Anda -? Bagaimana saya harus menulis program di J2ME ' Dalam unit ini kita akan membahas jawaban atas pertanyaan ini. Sebelum datang ke aspek-aspek khusus pemrograman, kita akan membahas alternatif yang tersedia bagi kita dalam hal pembangunan lingkungan yang dapat kita gunakan untuk membantu kita dalam pemrograman menggunakan J2ME.

Yang tersedia alternatif
Sebagai programmer Java banyak dari Anda harus terbiasa dengan alat-alat baris perintah yang tersedia untuk aplikasi Java pemrograman. Alat ini juga tersedia untuk Platform Java 2, Micro Edition (J2ME). Tapi kita tidak akan membahas seperti jelek alat produktivitas yang tampak dan rendah. Kita akan membahas beberapa alat yang telah diberikan kepada kami bebas biaya oleh Sun Microsystems dan produsen ponsel untuk mengembangkan aplikasi. Alat-alat ini telah dibangun tetap keberatan kebutuhan programmer. Dengan demikian kita mampu mengarahkan ke J2ME dengan cepat dari hari pertama. Beberapa alternatif yang tersedia bagi kita dalam hal kit pengembangan adalah:
a.      Sun ONE Studio 4 update 1, Mobile Edition
Sun ONE Studio 4 update 1, Mobile Edition adalah lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) yang telah diserahkan kepada kami oleh Sun Microsystems Inc Software ini memungkinkan kita untuk mengembangkan, mengedit, menyesuaikan, menyusun, membangun, menjalankan dan menguji kode. Ini adalah alternatif terbaik yang tersedia bagi kita jika kita ingin mengembangkan aplikasi dalam J2ME tanpa mengeluarkan uang untuk membeli kit pengembangan perangkat lunak. Kita akan membahas cara kerja Sun ONE Studio 4 Edisi update 1, Mobile secara rinci dalam bab ini.
Screen Shot: Sun ONE Studio 4 update 1, Mobile Edition
b.     J2ME Wireless Toolkit
J2ME Wireless Toolkit juga merupakan alternatif gratis yang telah disediakan bagi kita oleh Sun Microsystems Inc Ini adalah toolkit yang memberikan kita fasilitas untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi J2ME. Toolkit ini memiliki banyak versi yang meliputi 1.0.4_01, 2.0_01, 2,1 dan 2,2. Toolkit ini juga menyediakan kita dengan beberapa emulator dasar yang sangat membantu dalam pengujian aplikasi pada PC itu sendiri. J2ME Wireless Toolkit adalah mutlak harus untuk setiap programmer J2ME. Bahkan bahkan Sun ONE Studio 4 update 1, Mobile Edition mencakup J2ME Wireless Toolkit dan menggunakan emulator untuk menjalankan aplikasi. Kami juga akan melihat J2ME Wireless Toolkit 2.2 dalam buku ini secara rinci.
Screen Shot: J2ME Wireless Toolkit
c.      Nokia Developer Suite untuk J2ME
Nokia juga memberikan kita dengan alat pembangunan yang baik untuk membangun aplikasi J2ME. Meskipun aplikasi yang dikembangkan melalui Studio Nokia Developer dapat berjalan di non - ponsel Nokia, ini toolkit pengembangan lebih cocok untuk pengembangan perangkat lunak untuk ponsel Nokia. Juga ini toolkit pengembangan memiliki pilihan untuk mengintegrasikan dengan Sun ONE Studio 4, update 1 Edisi Mobile. Dengan demikian Anda dapat menikmati manfaat dari kit pengembangan dari Sun ONE Studio 4, update 1 Mobile Edition itu sendiri. Beberapa versi baru Developer Suite Nokia berisi fasilitas untuk menyebarkan aplikasi, menandatangani file JAR dan bahkan mengkonversi file audio ke format yang cocok untuk ponsel.
Screen Shot: Suite Nokia Developer untuk J2ME
d.     Sony Ericsson J2ME SDK (Beta)
J2ME Software SonyEricsson Perkakas Pengembangan adalah model garis dari J2ME Wireless Toolkit. Bahkan beberapa bagian dari toolkit ini adalah sama dengan J2ME Wireless Toolkit. KToolbar terkandung dalam toolkit ini adalah contoh yang baik dari ini. Toolkit ini memberikan kita fasilitas untuk melaksanakan dan menguji aplikasi pada emulator ponsel SonyEricsson. Emulator untuk T610 dan P800 terutama didukung.
Screen Shot: Sony Ericsson J2ME SDK
e.      Motorola iDEN SDK
Motorola iDEN Software Development Kit menyediakan kita dengan emulator dan alat-alat untuk pengujian untuk ponsel Motorola iDEN. Ini adalah salah satu toolkit yang lebih baik antara toolkit dari produsen handset. Versi dari toolkit ini telah diperbarui cukup cepat di masa lalu. Saya akan menyarankan Anda untuk mendownload versi terbaru dari situs web pengembang Motorola.
f.       Siemens Mobility Toolkit
Seperti toolkit dari semua produsen ponsel lainnya Siemens Mobility Toolkit telah secara khusus dibangun untuk memfasilitasi pengujian aplikasi mobile untuk ponsel Siemens. Kami menyediakan dengan dukungan untuk pengujian aplikasi pada emulator ponsel Siemens. Toolkit ini juga mendukung integrasi dengan berbagai versi Borland JBuilder.
Screen Shot: Siemens Mobility Toolkit Manajer
Setiap programmer berpengalaman akan menjamin peningkatan tajam dalam produktivitas yang terjadi ketika ia / ia menggunakan lingkungan pengembangan yang baik terpadu (IDE) untuk menulis, kompilasi dan debugging program. Oleh karena itu di bagian bawah ini saya telah membahas cara kerja Sun ONE Studio, Edisi Mobile. Saya pribadi akan merekomendasikan Anda untuk menggunakan Sun ONE Studio 4 update 1, Edisi Handphone jika Anda ingin kit pengembangan baik secara gratis. Jika tidak J2ME Wireless Toolkit 2.2 juga merupakan alternatif yang baik. Juga J2ME Wireless Toolkit 2,2 mendukung sebagian besar API baru dibahas dalam buku ini. Jadi J2ME Wireless Toolkit 2,2 juga harus digunakan jika Anda ingin sepenuhnya memanfaatkan buku ini.  
Cara kerja dari The Sun ONE Studio 4, update 1 Mobile Edition
Sun ONE Studio 4 update 1, Mobile Edition adalah lingkungan pengembangan terpadu baik yang tersedia bagi kita untuk mengembangkan aplikasi J2ME skala industri. Bahkan di Teknologi SKJ ini adalah alat pengembangan dominan digunakan bersama dengan J2ME Wireless Toolkit 2.1 dan J2ME Wireless Toolkit 2.2. Juga jika Anda telah menggunakan Visual Studio untuk mengembangkan aplikasi desktop maka Anda akan menemukan yang paling nyaman untuk menggunakan alat pengembangan dari semua alat yang dibahas sejauh ini. Sekarang kita akan membahas kerja di Sun ONE Studio 4 update 1, Edisi Handphone secara rinci. Harap diingat selama semua diskusi di bawah ini bahwa kita telah membahas pengembangan aplikasi menggunakan Sun ONE Studio dalam lingkungan MS Windows desktop.
Prosedur untuk membuat suatu proyek:
  • Buat folder baru dalam sistem file Windows.
  • Buka Satu Sun Studio 4 update 1, Mobile Edition.
  • Pilih 'Project Manager' dari menu 'Proyek'.
  • Pilih 'New' di 'Project Manager'.
Screen Shot: Project Manager
  • Masukkan nama proyek.
Screen Shot: Buat New Project Dilaog
  • Layar 'Proyek Konfigurasi' akan ditampilkan.
Screen Shot: Proyek Wizard Konfigurasi
  • 2 Pilihan akan diberikan di dalamnya:
    • Java 2 Standard Edition (J2SE)
    • Mobile Information Device Profile (CLDC / MIDP)
  • Pilih tombol radio untuk Mobile Information Device Profile (CLDC / MIDP).
  • Klik 'Finish'.
Anda telah membuat sebuah proyek baru di Sun ONE Studio 4 Edisi update 1 di Mobile. Proyek baru ini mengingat semua properti compiler untuk Anda. Setiap kali Anda membuka proyek properti yang ditetapkan oleh Anda untuk kompilasi dan membangun aplikasi secara otomatis bisa diatur dalam IDE. Anda juga dapat menambahkan folder dan file untuk mengedit dalam suatu proyek. Di bawah ini saya telah membahas prosedur untuk memasang sebuah direktori untuk menyimpan kode proyek.
Prosedur untuk mounting direktori:
  • Klik kanan pada Filesystem di Explorer [Filesystem].

Screen Shot: Explorer [Filesystem]  

  • Pilih Gunung Direktori> Lokal.
Screen Shot: Mount direktori lokal dari Explorer [Filesystem]  
  • Pilih folder proyek Anda dan klik 'Finish'.

Screen Shot: Mount direktori lokal
Sun telah memperkenalkan konsep yang disebut MIDletSuite. Ini MIDletSuite adalah wadah yang dapat berisi beberapa MIDlet. Para MIDletSuite juga memiliki beberapa sifat yang digunakan oleh Studio 1 Sun untuk secara otomatis menghasilkan memanifestasikan JAD dan file JAR. Sekarang kita akan membahas prosedur untuk menciptakan MIDletSuite.
Prosedur untuk menciptakan MIDletSuite:
  • Klik kanan pada folder yang dipasang di Explorer (Filesystem).
  • Pilih baru> MIDP> MIDletSuite.
  • Masukkan nama MIDlet suite.
  • Layar Tambahkan MIDlet 'akan datang.
  • Pilih 'Create New MIDlet' pilihan dalam skenario ini. Jika direktori mount sudah berisi MIDlet kemudian pilih 'Gunakan MIDlet yang ada' pilihan.
  • Berikan paket dan nama kelas MIDlet untuk Anda.
  • Jika Anda memilih 'Create New MIDlet' pilihan, pilih template yang sesuai untuk MIDlet baru. Anda harus menghadapi pilihan berikut:
    • HelloMIDlet
Template ini membuat MIDlet yang menampilkan teks pada layar perangkat mobile. Saya akan recoomed Anda untuk memilih opsi ini untuk MIDlet pertama Anda.
    • MIDlet
Template ini membangun sebuah MIDlet sederhana.
  • Pada menekan tombol 'Next' tombol dialog 'MIDlet Properties' akan ditampilkan pada layar.
  • Pilih nama dapat ditampilkan dari MIDlet dan ikon untuk MIDlet. Ingat bahwa ini akan ditampilkan kepada pengguna akhir dari aplikasi Anda.
  • Pada menekan tombol 'Next' tombol dialog 'Pilih Emulator' akan ditampilkan pada layar.
  • Pilihan ini memungkinkan Anda memilih emulator di mana kode Anda akan berjalan ketika Anda jalankan.
  • Ikon untuk MIDletSuite dan MIDlet baik sekarang akan ditambahkan pada Explorer (Filesystem).
Pada gambar di atas Anda lihat Explorer [Filesystem] yang berisi ikon untuk MIDletSuite bernama 'CrimeSuite'.
  • Double klik pada nama MIDlet dan mulai mengedit kode Anda.
Prosedur untuk membuat MIDlet baru:
  • Pilih New> MIDP> MIDlet.
  • Masukkan nama MIDlet.
  • Pada menekan berikutnya dialog 'MIDlet Properties' datang.
  • Pilih MIDletSuite untuk MIDlet. Juga memilih nama MIDlet dapat ditampilkan dan ikon untuk MIDlet.
  • Klik 'Finish' dan MIDlet baru dibuat dan ikon ditambahkan pada Explorer (Filesystem).
Prosedur untuk menciptakan kelas sub MIDPCanvas:
  • Pilih New> MIDP> MIDPCanvas
  • Masukkan nama untuk kelas.
  • Klik 'Finish' dan subclass dari kanvas dibuat dan ikon ditambahkan pada Explorer (Filesystem).
Prosedur untuk menciptakan Kelas:
  • Pilih New> MIDP> Kelas
  • Masukkan nama untuk kelas.
  • Klik 'Finish' dan kelas baru dibuat dan ikon ditambahkan pada Explorer (Filesystem).
Prosedur untuk mengedit isi dari MIDletSuite:
  • Klik kanan pada nama MIDletSuite di Explorer (Filesystem).
  • Dialog 'Edit Suite' akan muncul.
  • Anda dapat menambah, menghapus duplikat dan MIDlet dari MIDletSuite dalam dialog ini.
  • Anda juga dapat mengubah atau menetapkan nama MIDlet, kelas dan ikon dari dalam dialog ini.
  • Untuk melihat atau mengedit isi dari file JAR memilih tab 'Isi JAR.
  • Anda dapat menambah atau menghapus file yang Anda ingin mendapatkan dikemas dalam file JAR dari sini.
  • Menekan OK akan memberikan efek perubahan dalam file JAR yang dibuat oleh Anda, jika ada.
  • Jika Anda telah membuat perubahan dialog 'Sinkronisasi Konten' akan datang. Klik 'Ya' buuton.
Isi Anda MIDletSuite dan file JAR yang sesuai telah diubah.
Prosedur untuk melihat file Manifest / JAD:
  • Klik kanan pada nama MIDletSuite di Explorer (Filesystem).
  • Pilih 'Manifest Lihat / JAD' menu item.
Prosedur untuk melihat dan mengedit properti dari MIDletsuite:
  • Klik kanan pada nama MIDletSuite di Explorer (Filesystem).
  • Pilih item menu 'Properties'.
  • 'Properties dari MIDlet [Properties dari MIDletSuite]' jendela terbuka.
  • Memiliki tab berikut:
    • Properti
    • Eksekusi
    • Wajib
    • Opsional
    • Teks
Alternatif prosedur untuk melihat dan mengedit properti dari MIDletsuite:
  • Klik kiri pada ikon MIDletSuite di Explorer [Filesystem].
  • Di bawah ini Anda akan melihat 5 tab, yaitu:
    • Properti
    • Eksekusi
    • Wajib
    • Opsional
    • Teks
MIDletsuite properti tab:
  • 'Properties' Tab
Tab ini berisi 'Tingkat Kompresi' dan pilihan 'File Filter'. Saya akan merekomendasikan Anda untuk memberikan 9 sebagai 'Tingkat Kompresi'.
Screen Shot: Tab 'Properties'
  • 'Eksekusi' Tab
Tab ini membantu Anda memilih emulator yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi.
Screen Shot: 'Eksekusi' Tab
  • 'Diperlukan' Tab
Tab ini memiliki bidang-bidang berikut:
o     Jar
Ini dihitung dan diisi secara otomatis oleh Studio 1 Sun.
o     Jar URL
Masukkan lokasi file Jar di server dimana aplikasi tersebut akan didownload. Jika Anda ingin aplikasi untuk di-download dari PC hanya melalui port Infra Red atau Bluetooth maka hanya nama dari file JAR.
o     MicroEdition Konfigurasi
CLDC-1.0 akan otomatis terisi oleh Studio 1 Sun meskipun Anda dapat mengubahnya.
o     MicroEdition Profil
MIDP-1.0 akan otomatis terisi oleh Studio 1 Sun meskipun Anda dapat mengubahnya.
o     MIDlet-Name
Nama MIDletSuite ditetapkan sebagai nilai untuk bidang ini secara otomatis meskipun Anda dapat mengubahnya.
o     Penjual
Nama organisasi Anda dapat dimasukkan di sini. Minggu 1 Studio akan mengisi kolom ini dengan nama user account Anda bekerja dengan di bawah Windows.
o     Versi
Nomor versi dapat dimasukkan di sini. Secara default nomor versi adalah 1.0.
Screen Shot: 'dibutuhkan' Tab
  • 'Opsional' Tab
The 'Tab Opsional' memiliki bidang-bidang berikut di bawahnya:
    • Ukuran data
    • Deskripsi
Anda dapat memasukkan deskripsi singkat mengenai aplikasi Anda di sini. Ini dapat diakses oleh portal aplikasi mobile untuk menjelaskan aplikasi Anda.
    • Icon
Path dan nama file gambar ikon dari aplikasi Anda dapat dimasukkan di sini.
    • Info URL
URL dari halaman yang berisi informasi lebih lanjut tentang aplikasi dapat dimasukkan di sini. Hal ini membantu pengguna untuk mempelajari lebih lanjut tentang aplikasi Anda.
    • Ditetapkan Pengguna
Pengguna variabel didefinisikan dapat dimasukkan di sini.
Screen Shot: 'Opsional' Tab
  • Teks Tab
Bidang ini hanya berisi satu bidang yang 'Encoding'.
Prosedur untuk menambahkan kelas dalam suatu proyek:
  • Klik kanan pada ikon dari kelas yang ingin Anda tambahkan ke proyek.
  • Pilih Tools> Tambahkan ke Proyek
  • Ini menambahkan file yang ditentukan untuk proyek ini.

Screen Shot: Menambahkan kelas untuk proyek
  • Hal ini diperlukan jika Anda ingin menggunakan 'Kompilasi Proyek' dan 'Membangun Proyek' pilihan menu.
Prosedur untuk mengeksekusi aplikasi
Meskipun mengklik tombol 'Play' akan mengeksekusi aplikasi, dari pengalaman saya akan merekomendasikan Anda praktek berikut.
  • Simpan semua file.
  • Pilih folder root aplikasi di Explorer (Filesystem).
  • Pilih Membangun Menu> Bersihkan Semua
Screen Shot: Build menu

  • Pilih Menu Project> Compile Project (Ingatlah untuk menambahkan semua file kode untuk proyek)
  • Pilih Proyek Menu> Build Proyek
  • Pilih Menu Project> Jalankan Proyek atau tekan Ctrl + Shift-F6 untuk menjalankan proyek.
Prosedur untuk membuka proyek yang ada:
  • Pilih Menu Project> Project Manager

Screen Shot: menu Project

  • Pilih salah satu proyek yang terdaftar
  • Klik 'Open'.
Prosedur untuk menghapus proyek yang sudah ada:
  • Pilih Menu Project> Project Manager
Screen Shot: Project Manager

  • Pilih salah satu proyek yang terdaftar
  • Klik 'Hapus'.
Para Cara kerja dari J2ME Wireless Toolkit 2.2
The Sun Microsystems Inc telah meluncurkan versi terbaru dari J2ME Wireless Toolkit sebagai seperangkat alat untuk membuat aplikasi Java yang berjalan pada perangkat kompatibel dengan Teknologi Java untuk Industri Wireless (JTWI, JSR 185) spesifikasi. J2ME Wireless Toolkit 2.2 berisi alat pengembangan perangkat lunak, utilitas, dan 4 emulator perangkat.
J2ME Wireless Toolkit 2.2 berisi beberapa fitur berikut antara lain seperti:
ü   4 inbuilt Emulator
o     DefaultColorPhone
o     DefaultGrayPhone
o     MediaControlSkin
o     QwertyDevice
ü   Kebingungan dukungan (Dibahas kemudian)
ü   MIDlet penandatanganan
ü   Manajemen sertifikat
ü   Terpadu over-the-air (OTA) emulasi
ü   Layar untuk menyesuaikan pengaturan MIDletSuite secara detail
ü   Dorong emulasi registri
J2ME Wireless Toolkit 2.2 membantu kita mengembangkan aplikasi J2ME menggunakan API berikut:
  • Terhubung Limited Device Configuration (CLDC) 1.0 (JSR 30)
  • Terhubung Limited Device Configuration (CLDC) 1.1 (JSR 139)
  • Mobile Information Device Profile (MIDP) 1.0 (JSR 37)
  • Mobile Information Device Profile (MIDP) 2.0 (JSR 118)
  • Jawa Teknologi untuk Industri Wireless (JTWI) 1.0 (JSR 185)
  • Wireless Messaging API (WMA) 1.0 (JSR 120)
  • Wireless Messaging API (WMA) 2.0 (JSR 205)
  • Mobile Media API (MMAPI) 1.1 (JSR 135)
  • PDA Opsional Paket untuk Platform J2ME (JSR 75)
  • Java API untuk Bluetooth (JSR 82)
  • J2ME Web Services Specification (JSR 172)
  • Handphone 3D Graphics API untuk J2ME (JSR 184)

Persyaratan Sistem untuk menginstal J2ME Wireless Toolkit 2.2  
Perangkat keras
Persyaratan perangkat keras minimum untuk menginstal J2ME WTK 2.2 adalah:
  • 50 MB ruang hard disk
  • 128 MB RAM sistem
  • 800 MHz Pentium III CPU
Perangkat lunak
  • Microsoft Windows XP atau (tidak didukung) Linux-x86
  • Jika Anda berencana untuk melakukan pengembangan yang sebenarnya - Java TM 2 SDK, Standard Edition (J2SE SDK), versi 1.4.2
  • Jika Anda hanya berencana untuk menjalankan aplikasi demonstrasi - Java TM 2, Standard Edition Runtime Environment (JRE), versi 1.4.2
Tata Cara Instalasi
Untuk menginstal J2ME Wireless Toolkit 2,2 pada Windows PC menjalankan file installer, j2me_wireless_toolkit-2_2-windows.exe. Kemudian ikuti petunjuk yang diberikan oleh installer.
Untuk menginstal J2ME Wireless Toolkit 2.2 di Linux, jalankan installer self-extracting j2me_wireless_toolkit-2_2-bin-linuxi386.bin.
Men-download J2ME Wireless Toolkit 2.2
Untuk men-download J2ME Wireless Toolkit 2.2 silakan kunjungi halaman web berikut:
http://java.sun.com/products/j2mewtoolkit/download-2_2.html
Untuk men-download SDK atau JRE Anda dapat mengunjungi http://java.sun.com/j2se/downloads.html.  
Prosedur untuk membuat proyek baru:
ü   Klik pada 'New Project ...' tombol di KToolbar atau 'New Project ...' pilih menu item dari menu File di KToolbar untuk membuka dialog 'New Project'.
ü   Berikan nama proyek Anda.
ü   Berikan nama kelas MIDlet Anda.
ü   Sebuah proyek baru akan dibuat.   Folder didedikasikan untuk kode, sumber daya, file library dan aplikasi untuk proyek tersebut akan dibuat dalam folder 'aplikasi' dari direktori dimana J2ME WTK 2.2 telah diinstal. Anda dapat menulis kode Anda dalam setiap program editor teks seperti Notepad, WordPad, dll EditPlus dan menyimpan bahwa dalam folder 'src' di dalam folder proyek.
 
Prosedur untuk membuka proyek yang ada:
ü   Klik pada 'Open Project ...' tombol di KToolbar atau 'Open Project ...' pilih menu item dari menu File di KToolbar untuk membuka dialog 'Open Project'.
ü   Pilih nama proyek Anda.
ü   Proyek dipilih akan dimuat di KToolbar.
Prosedur untuk membangun proyek:
ü   Klik pada tombol 'Build' di KToolbar atau memilih item menu 'Build' dari menu Project dalam KToolbar untuk membangun proyek Anda.
Prosedur untuk melaksanakan sebuah proyek:
ü   Klik pada tombol 'Run' di KToolbar atau pilih 'Run' menu item dari menu Project dalam KToolbar untuk membangun proyek Anda.
Diberikan di bawah ini adalah screen shot dari proyek mengeksekusi dalam sebuah emulator.

Prosedur untuk kemasan file JAR proyek:
ü   Pilih Proyek -> Paket -> Buat Item Paket menu di KToolbar untuk kemasan File Java Archive (JAR file) dari proyek Anda.
Prosedur untuk kemasan file JAR dikaburkan dari proyek:
ü   Pilih Proyek -> Paket -> Buat Item Paket menu Obfuscated di KToolbar untuk kemasan sebuah dikaburkan Jawa file Archive (JAR file) dari proyek Anda.

Apakah Kebingungan?
 
Kebingungan mengacu pada prosedur dimana Java bytecode kelas dalam file JAR yang sangat berubah bahwa mereka tidak dapat sebaliknya direkayasa dengan mudah. Dalam melakukan program kebingungan kebingungan juga mengecilkan ukuran kode. Harap diingat untuk mengaburkan aplikasi Anda jika Anda ingin pasar mereka kepada pihak ketiga.
 
Bagaimana menginstal sebuah Obfuscator di J2ME WTK 2.2?
 
ü   Kunjungi http://proguard.sourceforge.net/.
ü   Pilih "Download" pada halaman ini.
ü   Pilih versi terbaru dari proguard.zip dan simpan ke komputer Anda.
ü   Ekstrak file proguard.jar dari proguard.zip ke tong subdirektori dari direktori dimana J2ME WTK 2.2 telah diinstal.
Prosedur untuk mengubah pengaturan dalam suatu proyek:
J2ME WTK 2.2 memberi kita pilihan untuk bermain-main dengan jenis berikut pengaturan:
ü   API Seleksi
ü   Diperlukan Bidang
ü   Opsional Fields
ü   Ditetapkan Pengguna Fields
ü   MIDlet manajemen informasi
ü   Dorong Registry
ü   Permissions
Cukup klik pada 'Settings ...' tombol di KToolbar atau 'Pengaturan ...' item menu di menu Project dalam KToolbar untuk membuka dialog 'Setting'. Pilih pengaturan yang Anda inginkan dan tekan tombol OK.

Prosedur untuk memilih antara emulator di KToolbar:
ü   Klik pada kotak kombo perangkat dalam KToolbar dan pilih emulator diperlukan.
Prosedur untuk menambahkan emulator baru:
ü   Buka direktori di mana J2ME WTK 2,2 diinstal.
ü   Buka 'wtklib' direktori di dalam direktori tersebut.
ü   Buka direktori 'perangkat' dalam direktori 'wtklib'.
ü   Salin folder yang berisi data untuk emulator di direktori ini.
Sekarang buka KToolbar. Anda akan melihat emulator ditambahkan dalam kotak 'Device' combo dalam KToolbar. Dalam hal emulator Anda tidak muncul dari Anda pasti tidak menyalin file yang benar untuk emulator yang dari internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar