Selasa, 12 Juni 2012

UNIT III - Bab 1 - Pengantar MIDP 2.0


UNIT III - Bab 1 - Pengantar MIDP 2.0

Ketika spesifikasi MIDP 1.0 diluncurkan pada tanggal 1 September 2000 lingkungan ponsel berada di persimpangan jalan. Revolusi komunikasi nirkabel dan revolusi komputasi akhirnya mencapai tempat di mana mereka harus bergabung. MIDP 1.0 spesifikasi dibangun menjaga bahwa dalam pikiran. Saat itu tak ada yang tahu bagaimana perangkat mobile akan digunakan sebagai perangkat informasi. Mobile gaming yang merupakan sektor yang panas hari ini merupakan istilah asing pada masa itu. Apa kami adalah permainan yang sangat sederhana seperti 'Snake'. Dalam skenario itu, penerbitan MIDP 1.0 spesifikasi adalah kaki yang luar biasa.
Banyak perusahaan mulai pengembangan perangkat lunak untuk ponsel setelah peluncuran MIDP 1.0. Tapi kemudian mereka menyadari bahwa MIDP 1.0 meskipun suatu keajaiban teknis tidak memiliki aspek-aspek tertentu dari sebuah platform pengembangan perangkat lunak yang baik. Untuk memperbaiki ini MIDP 2.0 spesifikasi akhirnya pada tanggal 5 November, 2002.
MIDP 2.0 (JSR 118) diluncurkan untuk meningkatkan pemrograman perangkat mobile dalam platform J2ME. MIDP 2.0 berisi API yang berguna yang kekurangan dalam spesifikasi MIDP 1.0.   Beberapa fitur baru dan berguna adalah:
  1. Elemen antarmuka pengguna baru
  2. Gaming API
  3. Kemampuan untuk membuat koneksi yang aman
  4. API untuk menghasilkan suara
Jadi kita melihat bahwa MIDP 2.0 menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan MIDP 1.0. Juga MIDP 2.0 adalah kompatibel dengan MIDP 1.0. Jadi jika Anda telah membuat beberapa aplikasi dalam MIDP 1.0 mereka akan berjalan baik-baik saja di MIDP 2.0. Sekarang sebenarnya kita melihat ledakan perangkat yang dapat menjalankan MIDP 2.0.
Kita tahu sekarang bahwa MIDP 2.0 adalah sebuah lingkungan pemrograman yang lebih baik maka MIDP 1.0. Ini berisi lebih dari API MIDP 1.0. Sekarang kita akan membahas secara singkat berbagai API yang terdapat dalam MIDP 2.0. MIDP 2.0 spesifikasi mendefinisikan API berikut:
Inti Paket:
ü   java.lang
ü   java.util
Siklus Hidup Aplikasi Paket:
ü   javax.microedition.midlet
Jaringan Paket:
ü   javax.microedition.io
User Interface Paket:
ü   javax.microedition.lcdui
ü   javax.microedition.lcdui.game
Siklus Hidup Aplikasi Paket:
ü   javax.microedition.rms
Suara dan Nada Paket Media:
ü   javax.microedition.media
ü   javax.microedition.media.control
Public Key Paket:
ü   javax.microedition.pki

Banyak paket yang tercantum di atas berisi API yang sama yang terdapat dalam MIDP 1.0. Sehingga menjaga ekonomi dalam pikiran saya akan membahas hanya kelas atau interface yang telah berubah atau di baru di MIDP 2.0 atau yang saya merasa adalah penting untuk memahami platform MIDP pada umumnya. Hampir semua perubahan yang terdapat dalam MIDP 2.0 telah dibahas dalam teks di bawah ini. Meskipun ada API tertentu yang telah ditinggalkan karena mereka tidak dianggap sangat penting. Untuk ide yang penuh dengan MIDP 2.0 silahkan baca MIDP 1.0 API juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar