Pengenalan
Sebagaimana dibahas sebelumnya J2ME singkatan dari Java 2 Platform, Micro Edition. Jadi J2ME adalah anggota dari bahasa pemrograman Java. Sebagai programmer Java kita harus tahu bahwa bahasa pemrograman Java adalah memiliki 3 edisi, yaitu:
- Java 2 Platform, Micro Edition (J2ME)
Edisi ini melayani perangkat mikro seperti Personal Digital Assistant (PDA), ponsel dan perangkat mikro lainnya.
- Java 2 Platform, Standard Edition (J2SE)
Edisi ini melayani terutama untuk pasar komputer pribadi. Telah dibangun tetap keberatan dengan desktop dan laptop.
- Java 2 Platform, Enterprise Edition (J2EE)
Edisi ini melayani perangkat lunak server. Ini adalah blok bangunan utama untuk n-tier aplikasi.
Dengan demikian kita tahu bahwa platform J2ME telah dikembangkan oleh otak yang berpengalaman dan tangan. Tidak
hanya Sun Microsystems namun Nokia, SonyEricsson, Siemens, Motorola,
LG, Samsung dan sejumlah produsen perangkat lain mendukung platform ini. Juga ini adalah salah satu platform yang paling komprehensif yang tersedia di pasar saat ini untuk pemrograman perangkat mobile.
Poin Positif
Hari ini permintaan untuk java ponsel berbasis mobile telah melampaui harapan setiap. Kami memiliki lebih dari 250 juta ponsel menjalankan java. Pasar diperkirakan akan mencapai satu miliar perangkat dengan beberapa tahun. Jadi permintaan untuk aplikasi seperti game, saham tickers, ERP ekstensi, shopping cart telah berkembang pesat. Orang-orang telah menunjukkan respons yang bagus atas media ini teknologi baru. Juga sebagian besar operator telekomunikasi besar juga telah menunjukkan banyak minat di J2ME. Sprint, Vodafone, Orange, Hutch, Airtel, Reliance, Tata Indicom semua telah menunjukkan banyak minat di J2ME
Alasan lain untuk memilih J2ME adalah bahwa hal itu telah mencapai tingkat yang sangat luas penetrasi. J2ME ponsel yang digunakan saat ini di negara berkembang seperti India dengan cara yang sangat besar. Bahkan orang-orang menghasilkan $ 100 per bulan mengalami ponsel diaktifkan java di India. Adapun orang kaya mereka memiliki banyak perangkat untuk memilih dari. Dengan demikian media ini sekarang mencapai sejumlah besar telepon dengan menggunakan populasi dunia.
Harga ponsel J2ME telah jatuh jauh selama setahun terakhir. Sekarang kita bisa mendapatkan ponsel merek J2ME baru diaktifkan untuk rendah sebagai $ 75 satu waktu. Baru-baru
ini operator seluler besar di India meluncurkan skema di mana seorang
akan harus membayar hanya $ 11 dimuka untuk J2ME ponsel diaktifkan dan
sisa jumlah tersebut sedang diisi dengan mencicil. Sebuah produsen ponsel besar mobile global bahkan berbicara mengembangkan $ 40 ponsel. Jadi bahkan massa mampu teknologi ini. Bahkan revolusi PC tidak pernah bisa mencapai interior desa dalam 20 tahun terakhir karena tingginya biaya PC. Jadi bahkan ekonomi adalah di sisi dari platform J2ME.
Seseorang dapat men-download J2ME Wireless Toolkit Matahari secara gratis. Bahkan Minggu 1 Studio Micro
Edition, dan Integrated Development Environment ditawarkan oleh Sun
dalam beberapa kasus dapat di-download dari internet secara gratis. Bahkan beberapa produsen perangkat mobile menawarkan ada kit pengembangan gratis. Dengan demikian Anda dapat melakukan percobaan dengan teknologi baru ini secara gratis.
Tidak
seperti aplikasi PC yang waktu bertahun-tahun untuk membangun dan
menguji, kekompakan pemrograman meningkatkan kecepatan pengembangan
aplikasi. Biasanya aplikasi memakan waktu kurang dari 3 bulan untuk membangun dari awal.
Juga kekuatan tim diperlukan untuk pemrograman juga tidak banyak. Tim
umumnya bisa berkisar dari 1 orang yang bekerja sendirian untuk 18-20
orang, yang sangat kecil jika dibandingkan dengan standar desktop di
mana bahkan ratusan atau bahkan ribuan programmer bekerja secara
bersamaan pada sebuah aplikasi.
Hal ini karena fakta bahwa beberapa perusahaan game mobile pemasaran membual katalog permainan berjalan ke ribuan permainan!
- Kemampuan untuk mengembangkan karir Anda
Sejak
saat ini permintaan untuk pengembang aplikasi J2ME jauh melebihi
pasokan Anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan karir Anda. Juga
karena umumnya melibatkan J2ME pembangunan di tim kecil Anda akan dapat
naik lebih cepat dalam tangga perusahaan dengan melakukan J2ME. Karena
teknologi ini di hanya awal Anda akan mendapatkan waktu untuk mengasah
keterampilan Anda dalam aspek yang berbeda dari J2ME. Banyak korporasi besar berencana untuk usaha ke bidang ini. Dalam
beberapa tahun saya pikir J2ME pemrograman akan menjadi salah satu
generator kerja terbesar dalam industri TI di seluruh dunia.
Poin Week dan bagaimana menyelesaikannya
Sekarang kita akan membahas beberapa poin yang akan menjadi tantangan bagi Anda sebagai programmer ponsel. Dalam semua diskusi di bawah ini kita akan membahas tentang kelemahan J2ME sebagai media pemrograman untuk ponsel pada umumnya. Banyak kelemahan yang ada dalam spesifikasi awal J2ME. Hari-hari ini banyak titik lemah J2ME tidak ada lagi. Jadi
platform ini telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dalam
hal teknologi untuk mencapai titik di mana sebagian besar titik lemah
telah diurus.
Memori adalah kendala terbesar dalam pemrograman ponsel. CLDC, MIDP memungkinkan perangkat biasanya mendukung MIDlet bawah 64 kb, beberapa bahkan di bawah itu. Jadi sebagai seorang programmer tugas terbesar adalah untuk menghemat ruang variabel dan penggunaan kembali sebanyak mungkin. Juga pengumpul sampah tidak seefisien sepupu yang lebih besar. Jadi dorong harus pada penggunaan kembali variabel. Bahkan
saya akan ingin berbagi dengan Anda bahwa Teknologi SKJ telah
menciptakan aplikasi spreadsheet yang lengkap dalam waktu kurang dari 32
kb!
Hari-hari
ini ponsel baru yang mendukung aplikasi yang lebih besar dan bahkan
operator seluler mulai menghapus 64 kb batas download untuk suatu
aplikasi. Bahkan baru-baru ini saya download permainan dari operator yang memiliki ukuran 150 kb.
- Tidak ada dukungan untuk windows
MIDP tidak mendukung memiliki beberapa jendela di layar ponsel. Pengguna antarmuka (UI) dibagi menjadi 2 bagian:
- Tinggi tingkat UI
- Rendah tingkat UI
Perbedaan
utama antara UI tingkat tinggi dan UI tingkat rendah adalah kenyataan
bahwa di UI tingkat tinggi programmer hanya memberikan parameter. Tampilan dasar dan nuansa dari komponen UI diperoleh dengan perangkat sesuai dengan tampilan asli dan merasa. Dengan demikian pengguna mengalami UI yang sama yang ia mengalami ketika ia bekerja dengan UI asli. Juga
dalam jangka panjang aplikasi yang lebih portabel dan akan berjalan
pada perangkat sehingga lebih memenuhi janji dasar Jawa, 'Write Setelah Gunakan mana saja'.
API tingkat tinggi adalah sebagai berikut:
- Bentuk
- Waspada
- Daftar
- TextBox
UI
tingkat rendah di sisi lain sebagian besar terdiri dari 'kelas kanvas'
yang dapat digunakan untuk secara akurat menggambarkan apa yang
pengembang inginkan, tanpa modifikasi oleh perangkat memiliki tampilan
dan nuansa dari API asli. Hal ini digunakan sebagian besar untuk game dan aplikasi kustom mana UI tingkat tinggi tidak dapat mendukung tugas.
Jadi kita tidak menemukan dukungan untuk beberapa jendela atau ada negara. Ini meskipun sulit untuk kali pertama Windows programmer untuk memahami adalah berkah tersembunyi. Para
pengembang dapat lebih berkonsentrasi pada pemrograman yang sebenarnya
maka sebenarnya kacang dan baut dari antarmuka pengguna.
- Tidak ada dukungan floating point
Floating point mengacu pada dukungan untuk nomor bantalan desimal dan pecahan. Dalam lingkungan PC atau dalam hal ini di banyak platform mobile lain kendala ini tidak ada. Tapi kendala ini ada di 1,0 CLDC. Pada
awalnya para programer merasa frustasi, tetapi ada cara praktis untuk
berkeliling dengan masalah ini dan dalam aplikasi saat ini sebenarnya
banyak tersedia yang menggunakan angka desimal tanpa dukungan floating
point. Perbedaan ini benar-benar memunculkan perbedaan besar dalam pemrograman mobile dari PC. Jika
program PC memiliki beberapa jalur yang ditetapkan, jalan di platform
ini sedikit, tetapi ada hampir selalu jalan untuk mengatasi masalah dan
menemukan cara pintas.
Saya ingin memberitahu Anda bahwa pada Teknologi SKJ kelas untuk melakukan perhitungan floating point juga telah dibangun. Kelas ini memungkinkan melakukan perhitungan floating point dalam CLDC 1.0. Untuk lisensi, Anda dapat menghubungi info@skjworld.com .
Juga sekarang beberapa perangkat sudah mulai datang dengan CLDC 1.1 yang menawarkan dukungan untuk floating point. Jadi di masa depan kendala ini akan tidak ada lagi.
- Tidak ada dukungan untuk sistem file
Lain kekurangan utama dengan platform ini adalah kurangnya sistem file. MIDP mendukung penyimpanan persisten tetapi hanya melalui Record Management System sederhana (RMS). Sistem
manajemen catatan terdiri dari catatan yang berbeda dalam 'RecordStore'
di mana mereka masing-masing bisa secara individual membaca, diambil
dan dimodifikasi. Aplikasi ini dapat memiliki RecordStores berbeda.
Melalui perencanaan yang tepat dan eksekusi kekurangan ini juga bisa diatasi dengan cara yang besar. Bahkan
beberapa aplikasi dunia nyata mendukung spreadsheet, toko tahap desain
permainan, catatan semua dengan bantuan dari toko kaset sederhana.
Kekurangan ini akan berhenti di tahun mendatang sebagai API Profil PDA akan mendapatkan penerimaan di ponsel. API ini akan memungkinkan programmer untuk mengakses sistem file pada telepon.
- Tidak ada dukungan untuk printer
Perbedaan
utama saat menulis aplikasi pada PC dan perangkat mobile dan terutama
dengan CLDC, MIDP adalah bahwa tidak ada dukungan untuk printer. Output dari aplikasi tidak bisa dicetak. Meskipun
beberapa telepon melakukan pencetakan dukungan dengan bantuan Bluetooth
tetapi tidak ada dukungan langsung untuk mencetak melalui CLDC atau
MIDP dengan bantuan paket API pencetakan.
- Berbagai fitur dalam perangkat yang berbeda
Salah
satu perbedaan utama dari lingkungan PC adalah bahwa program ditulis
bahkan di J2ME, meskipun portabel tanpa mengkompilasi ulang pada
perangkat yang berbeda, akan terlihat dan bertindak berbeda dalam banyak
hal. Beberapa API khusus seperti 'Mobile Media API hanya didukung dalam beberapa handset tertentu. Juga tidak ada satu atau dua ukuran layar didukung oleh perangkat yang berbeda. Ukuran layar dapat berkisar dari mana saja antara 96 x 54 menjadi lebih dari 176 x 208. Dengan demikian portabilitas membutuhkan dimensi yang sama sekali berbeda dalam perangkat ini. Beberapa fitur standar meskipun dalam beberapa perangkat yang sama sekali hilang pada orang lain. Sebagai
contoh pada Nokia 3650 dan SonyEricsson T610 tanda ketika ditampilkan
menghasilkan suara sementara pada Nokia 6610 fitur ini sama sekali
hilang. Jadi
pengembang harus terbuka pada fakta bahwa apa yang tampak dan merasa
besar dalam satu perangkat bisa terlihat mengerikan di sisi lain.
Meskipun
poin yang dibahas di atas tidak membawa tantangan yang ditimbulkan oleh
platform J2ME tapi kita bisa mengatasi mereka jika kita inginkan. Satunya
hal yang kita harus lakukan untuk mengatasi semua tantangan yang
ditimbulkan oleh J2ME adalah melakukan beberapa pemikiran lateral dan
yang akan menghilangkan semua masalah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar